Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali Dulu Karakter Ban Mobil Sebelum Membeli

Kompas.com - 19/03/2024, 11:43 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ban merupakan salah satu komponen vital pada mobil. Untuk itu, penting untuk memahami karakter ban sebelum melakukan pembelian.

Ban pada mobil bisa dianalogikan seperti alas kaki pada manusia. Setiap alas kaki tentu memiliki karakter atau fungsi yang berbeda-beda.

Ban mobil yang baik harus memenuhi fungsinya, yakni menahan beban seluruh kendaraan beserta isinya, fungsi untuk meredam getaran, memindahkan putaran menjadi gerakan maju hingga pengereman, juga untuk menjaga dan mengubah arah kendaraan.

Baca juga: Ini Ciri Ban Mobil Sudah Minta Diganti

Tomohiro Senna, Sales & Marketing Director PT Sumi Rubber Indonesia (Surindo), mengatakan, untuk menjamin keamanan dan kenyamanan berkendara harus dipahami kebutuhan hingga kondisi perjalanan yang akan dilalui.

Ilustrasi pengecekan ban mobilDok. Dunlop Indonesia Ilustrasi pengecekan ban mobil

“Sangat penting untuk benar-benar memahami kebutuhan dan kondisi perjalanan yang akan kita hadapi. Apakah perjalanan jarak pendek, panjang, hingga yang harus ditempuh berhari-hari seperti saat mudik. Pemahaman yang tepat bisa menjamin keamanan dan kenyamanan kita berkendara,” ujar Tomohiro, dalam keterangan resminya, belum lama ini.

Menurutnya, hal pertama yang harus diperhatikan yaitu tipe dan ukuran ban dikaitkan dengan medan yang akan dilalui. Pastikan ban yang digunakan sesuai dengan rekomendasi dari produsen kendaraan dan hanya menggunakan yang sesuai dengan spesifikasi itu untuk menjamin kinerja yang baik pada ban.

Tomohiro menambahkan, perjalanan darat dengan kondisi jalan yang baik bisa dipilih ban dengan tapak yang lebih rata. Sehingga, bisa mengurangi kebisingan dan mengoptimalkan efisiensi bahan bakar.

Baca juga: Jangan Tunggu Sampai Botak, Cek Harga Ban Mobil per Maret 2024

"Periksa juga label kinerja pada ban seperti label traksi basah, daya cengkram, kebisingan, dan efisiensi bahan bakar. Dengan memerhatikan label kinerja ban ini bisa dipilih ban yang bisa memberikan kinerja terbaik sesuai kebutuhan perjalanan," kata Tomohiro.

Ilustrasi pengecekan ban mobilDok. Dunlop Indonesia Ilustrasi pengecekan ban mobil

“Ban merupakan bagian yang akan menjadi dasar dari bobot dan pergerakan kendaraan, makanya jangan kompromi pada bagian ini dan selalu pastikan menggunakan produk yang tepat. Selain menggunakan produk yang tepat, lakukan pengecekan rutin untuk menjamin durabilitasnya," ujarnya.

Jelang hari raya Lebaran, sebagian besar warga Indonesia akan melakukan tradisi mudik ke kampung halaman. Banyak yang memilih untuk menggunakan mobil pribadi. Untuk mempersiapkan perjalanan mudik Lebaran tahun ini, Dunlop juga kembali menggelar campaign promo dengan konsep baru.

Promo Kejutan Dunlop berlaku di toko resmi Dunlop Shop seluruh Indonesia melalui pembelian dua ban di atas Rim 17 inci akan mendapatkan dua nomor undian (berlaku kelipatan) dan dua ban di bawah Rim 17 inci mendapatkan satu nomor undian (berlaku kelipatan).

Cukup melakukan scan barcode untuk mengisi form dan kode undian akan langsung dikirm ke nomor WhatsApp pembeli.

Hadiah yang bisa dimenangkan dalam promo ini yaitu satu unit Mitsubishi XForce, smartphone, smart TV, sepeda listrik, dan masih banyak lainnya. Undian ini berlaku untuk pembelian ban Dunlop dengan pattern SP Sport Maxx 050+, SP Sport LM705, Direzza DZ102, Enasave Series, Grandtrek Series, dan OEM Series tipe tertentu. Periode promo undian dimulai tanggal 1 Maret - 31 Mei 2024.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com