Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Verifikasi Profil di Aplikasi Signal Sering Gagal?

Kompas.com - 18/09/2023, 17:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Perpanjangan STNK secara online dapat dilakukan melalui aplikasi Samsat Digital Nasional (Signal). Metode tersebut membawa banyak kemudahan bagi masyarakat karena tidak diperlukan lagi datang ke Samsat.

Kasubdit Regident Ditlantas Polda Banten AKBP Kemas Indra mengatakan perpanjangan STNK online dianjurkan menggunakan Signal untuk mempermudah masyarakat dalam membayar pajak tanpa harus datang ke Samsat.

“Tanda bukti pelunasan kewajiban pembayaran (TBPKP) dan e-pengesahan jadi bukti yang valid tanpa masyarakat harus datang ke Samsat untuk melakukan pengesahan ataupun cetak notice tahunan,” ujar Kemas kepada Kompas.com, Senin (11/9/2023).

Baca juga: Bayar Pajak secara Online Sama Saja Sudah Memperpanjang Masa Berlaku STNK

Cara mengambil gambar KTP untuk verifikasi profil di aplikasi SignalTangkapan layar Cara mengambil gambar KTP untuk verifikasi profil di aplikasi Signal

Untuk dapat melakukan perpanjangan, masyarakat wajib mengunduh aplikasi Signal melalui App Store atau Google Play Store.

Tahap awal masuk ke aplikasi untuk mengisikan data-data pribadi, seperti NIK, nama sesuai e-KTP, alamat email, nomor ponsel, masukan kata sandi, dan ulangi kata sandi.

Selanjutnya, diperlukan verifikasi profil dengan memasukkan foto e-KTP dan lakukan verifikasi biometrik wajah dengan melakukan swafoto. Setelah keduanya selesai dilakukan, sistem akan mengirimkan kode OTP lewat SMS.

Sistem pada aplikasi Signal akan melakukan verifikasi identitas pemilik kendaraan bermotor dengan melakukan pencocokan wajah (face matching) dengan data pada KTP elektronik di Kemendagri.

Baca juga: STNK Tanpa Stempel di Lembar Pengesahan, Jangan Mau Ditilang

Cara swafoto ketika melakukan verifikasi profil pada aplikasi SignalTangkapan layar Cara swafoto ketika melakukan verifikasi profil pada aplikasi Signal

Namun jika verifikasi wajah gagal, Anda bisa mengulangi proses verifikasi tersebut dan mencoba kembali dalam beberapa saat.

Agar proses verifikasi bisa dilakukan dengan benar, berikut ini hal-hal yang harus Anda perhatikan:

  1. Wajah harus berada dalam area foto
  2. Usahakan mengambil foto dengan pencahayaan yang baik
  3. Tidak menggunakan kacamata
  4. Pastikan hasil foto tidak buram atau blur
  5. Pandangan harus fokus ke motion yang ada pada layar handphone Anda dan ikuti instruksi secara tepat gerakan dari proses pengambilan foto wajah
  6. Pastikan berada di ruangan yang terang
  7. Pastikan sinyal atau jaringan dalam kondisi baik.

Nah, itu tadi tips agar verifikasi wajah biometrik pada aplikasi Signal tidak gagal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com