Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PO EPA Star Luncurkan 3 Bus Baru Pakai Sasis Volvo B11R Euro 5 6x2

Kompas.com - 18/09/2023, 15:21 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com – PT. Eka Permata Agung atau yang lebih populer dengan nama perusahaan otobus (PO) Epa Star kembali merilis bus baru.

Ada tiga unit bus anyar yang diluncurkan dan nantinya akan digunakan sebagai layanan bus AKAP. Ketiga bus tersebut merupakan rakitan Karoseri Tentrem yang ditopang oleh sasis Volvo B11R Euro 5.  

Selain di klaim punya keunggulan lebih ramah lingkungan, sasis tersebut punya tampilan khas yakni memiliki tiga as roda atau model tronton. Nantinya salah satu as roda di belakang menjadi penggeraknya (6x2). 

Baca juga: Korelasi antara Nilai Oktan dan Emisi Kendaraan

Dengan meluncurnya ketiga bus baru tersebut, total bus dengan sasis tronton yang dimiliki PO EPA Star saat ini ada tujuh unit.

Adapun bodi yang digunakan oleh ketiga bus adalah Avante H9 Facelift. Avante H9 Facelift merupakan bodi big bus dengan ciri khas megah dan tinggi.

Keunggulan dari bodi bus tersebut punya bagasi sangat luas dan mampu menampung banyak barang, alhasil posisi duduk penumpang akan berada pada level yang lebih tinggi.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by PT Tentrem Sejahtera (@tentrembusofficial)

Bagian kabin bus baru PO EPA Star pakai sasis trontonInstagram @hisyam_2542 Bagian kabin bus baru PO EPA Star pakai sasis tronton

Baca juga: Bukan Sekadar Nomor Acak, Deretan Angka di Pelat Nomor Memiliki Arti

Kemudian, pada visual ekterior bus masih menggunakan desain khas PO EPA Star, yakni kelir dasar putih dengan nuasa hijau dari livery bertema go green.

Pada fasia depan bus bus juga tidak alami perubahan, masih menggunakan model kaca jenong dengan bando berwarna hijau.

Adapun untuk bagian interior bus hadir dengan nuansa gelap dan terdiri dari bangku penumpang dengan model legrest. Bangku-bangku tersebut disusun dengan konfigurasi 2-2. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com