Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lexus LBX Meluncur, Crossover "Murah" Mesin Hybrid

Kompas.com - 05/06/2023, 18:41 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Lexus resmi meramaikan pasar crossover dengan meluncurkan LBX. Mobil ini dibekali dengan teknologi ramah lingkungan, yakni mesin hybrid.

Dikutip dari Autocar.co.uk, Senin (5/6/2023), sistem hybrid yang digunakan oleh Lexus LBX merupakan hybrid paralel dengan single motor.

Baca juga: Baru Rilis, Lexus LM Terbaru Tertangkap Kamera di Jalanan

Mesin konvensionalnya berkapasitas 1.5 L, 3-silinder. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga hingga 134 tk dan torsi 184 Nm. Tenaganya dialirkan langsung ke roda depan.

Interior Lexus LBXDok. Lexus Interior Lexus LBX

Untuk baterainya, LBX dilengkapi dengan baterai nikel-logam-hidrida (NiMH) dengan desain bipolar. Baterai ini pertama kali digunakan pada Lexus RX yang meluncur tahun lalu.

Kepala insinyur Kunihiko Endo, mengatakan, bahwa baterai tersebut mampu menghasilkan tenaga yang lebih baik dibandingkan sel baterai lithium-ion biasa. Sehingga, LBX diklaim memiliki akselerasi yang mirip dengan mobil listrik berbasis baterai.

Baca juga: Modifikasi Lexus RZ Bergaya Overland, Siap Libas Segala Medan

Untuk 0-100 kilometer per jam, mampu dicapai dalam 9,2 detik. Meski memiliki performa yang mumpuni, tapi LBX tetap ramah lingkungan. Emisinya diklaim di bawah 120 g/km.

Interior Lexus LBXDok. Lexus Interior Lexus LBX

Lexus juga menyebutkan bahwa LBX memiliki suara mesin yang lebih senyap. Selain itu, kenyamanan berkendara juga diutamakan.

Suspensi depan dikembangkan berdasarkan masukan dari mantan Presiden Toyota, yakni Akio Toyoda. Sehingga, pengendalian mobil ini tetap maksimal.

"Hasilnya adalah mobil yang bisa Anda kendarai dengan percaya diri. Saat jalanan berangin, LBX terasa lebih seperti hatchback dibandingkan crossover," ujar Presiden Lexus International Takashi Watanabe.

Lexus LBXDok. Lexus Lexus LBX

"Kami menargetkan pengalaman berkendara yang menyenangkan yang membuat Anda ingin mengendarainya selamanya. Ini seperti perasaan Anda dengan sepasang sepatu favorit Anda," kata Watanabe.

Sementara untuk interiornya, Lexus tetap menawarkan kemewahan. Sayangnya, Lexus LBX belum mengumumkan harganya. Tapi, kabarnya mobil ini akan masuk ke dalam segmen entry level. Rencananya, Lexus LBX juga hanya akan dijual untuk pasar Eropa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com