Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kecanggihan Lexus RZ BEV, Pakai Teknologi DIRECT4

Kompas.com - 14/03/2023, 18:41 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Lexus Indonesia memperkenalkan The All New Lexus RZ yang merupakan realisasi dari Lexus LF-Z Electrified Concept di Jakarta, Jumat (10/3/2023).

Bakal menjadi produk Battery Electrification Vehicle (BEV) Lexus usai UX300e, mobil memiliki beragam teknologi canggih yang membuat pengendara dan penumpangnya nyaman. Satu di antaranya ialah DIRECT4 Technology (All-Wheel-Drive).

Dikatakan oleh General Manager Lexus Indonesia, Bansar Maduma bahwa teknologi tersebut diyakini pintar karena dapat menyesuaikan kondisi jalan yang dilaluinya.

Baca juga: Pembatasan Pesanan Prinsipal, Berimbas pada Inden Lexus Indonesia

GM Lexus Indonesia Bansar Maduma bersama All New Lexus RZKOMPAS.com/Ruly Kurniawan GM Lexus Indonesia Bansar Maduma bersama All New Lexus RZ

"Teknologi ini mengoptimalkan performa kendaraan sekaligus memberikan kondisi kemudi yang stabil sesuai dengan kondisi jalan. Sehingga baik pengemudi maupun penumpang akan merasakan pengalaman berkendara yang paling natural dan nyaman," kata Bansar, Senin (13/3/2023)..

Tidak hanya penyelarasan di kondisi jalanan yang lurus dan bergelombang, Bansar juga mengakui kehebatan teknologi tersebut juga bisa dirasakan pada saat jalur menikung.

Secara hemat, dengan teknologi tersebut body roll pada mobil dapat dikurangi jadi menjaga jarak pandang kemudi tetap optimal dan penumpang nyaman.

"Pada saat cornering, teknologi ini juga berlaku sehingga dapat membuat nyaman dan aman ketika menggunakan teknologi ini," jelas dia.

Baca juga: Spesifikasi Lengkap Lexus RZ BEV di Indonesia

All New Lexus RZ BEVKOMPAS.com/STANLY RAVEL All New Lexus RZ BEV

Tak sampai di sana, mobil mewah ini juga sudah menggunakan platform terbaru khusus BEV, yakni e-TNGA platform yang membuat struktur kendaraan lebih rigid dengan pengemasan sistem penggerak elektrik yang efisien.

Selain itu dengan hadirnya lima fitur mengemudi, seperti Normal, Sport, Eco, dan Custom, serta salah satu mode yang khusus tersedia pada RZ adalah mode Range yang mampu memaksimalkan jarak tempuh berkendara membuat pemiliknya memiliki banyak pilihan sesuai dengan kondisi.

RZ juga sudah dibenamkan dengan unsur Omotenashi khas Lexus melalui fitur-fiturnya yang fokus pada kenyamanan pengemudi dan penumpang.

Sebagai contoh pada bagian kemudi, terdapat cockpit dengan konsep Tazuna yang mampu meningkatkan koneksi pengemudi dengan kendaraan.

Baca juga: Apakah Innova Zenix Hybrid Aman Dipakai Menerobos Banjir?

The All New Lexus RZ mengaplikasikan konsep Tazuna Cockpit untuk meningkatkan koneksi pengemudi dengan kendaraan.Lexus The All New Lexus RZ mengaplikasikan konsep Tazuna Cockpit untuk meningkatkan koneksi pengemudi dengan kendaraan.

Desain shifter juga baru berbentuk Dial-Type Shifter yang sangat ringkas sehingga memudahkan pengemudinya saat mengoperasikan beberapa fitur kendaraan dengan voice command control termasuk on board assistant "Hi Lexus" juga telah tersedia.

Adapun dapur pacunya, mobil dibekali baterai berkapasitas 71,4kWh dan baterai jenis lithium-ion. Sehingga mampu memberikan driving dynamics yang baik dengan jarak tempuh hingga 400 km.

Kendaraan yang belum memiliki harga resmi ini juga sudah dilengkapi dengan thermal management system yang berfungsi sebagai pendingin baterai sehingga membuat baterai lebih efisien dan tahan lama.

"Untuk pengisian daya dengan DC fast charger (50 kWh) membutuhkan waktu 90 menit hingga mobil terisi penuh. Sementara untuk pengisian memakai AC wall charger (normal) dengan daya 7,4 kWh, pengisian 10 jam," ucap Bansar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com