Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Kerugian Parkir Mobil di Luar Rumah

Kompas.com - 03/06/2023, 17:41 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebelum memutuskan untuk membeli mobil, seseorang harus memikirkan garasi.

Memarkirkan mobil di luar rumah juga cukup merugikan bagi kendaraan itu sendiri, karena beberapa komponen akan mengalami kerusakan lebih cepat.

Wajar saja hal itu terjadi, karena mobil sering diluar rumah dan otomatis terkena air hujan sekaligus terpapar sinar matahari.

Baca juga: Trik Mudah Parkir Mobil secara Paralel

Parkir mobil sembarangan Dishub Bekasi Parkir mobil sembarangan

Division Head After Sales & Biz Solution Sigit Wahyu Anggoro mengatakan, ada sejumlah potensi kerusakan lebih mudah terjadi saat mobil diparkir di ruang terbuka dan terkena terik matahari langsung.

“Bila ada bagian bodi yang terbuat dari plastik akan mengakibatkan kusam dan berubah warna,” ucap Sigit dikutip dari kepada Kompas.com, Sabtu (3/6/2023).

Saat kehujanan, banyak juga pemilik mobil yang malas untuk langsung membilas dan mengeringkannya. Sehingga, bodi mobil timbul bercak-bercak karena jamur dan membuat cat kusam.

Baca juga: Pengendara Protes Parkir Liar di Muara Karang Raya, Trotoar dan Bahu Jalan Digunakan Seenaknya

Ilustrasi parkir mobilunsplash.com/Michael Fousert Ilustrasi parkir mobil

Bila terkena hujan di bodi mobil akan meninggalkan pola air hujan, bila tidak cepat dibersihkan akan menyebabkan jamur dan susah dihilangkan menurut Sigit.

Wiper yang sering terkena paparan sinar matahari, menurut Sigit juga dapat mengubah sifat elastisitas pada karetnya. Sehingga wiper tidak dapat menyapu air dengan maksimal bahkan bisa menimbulkan suara yang mengganggu dan merusak permukaan kaca.

“Karena paparan sinar dan menempel pada kaca mengakibatkan karet wiper menjadi keras dan pada waktu digunakan daya bersihnya juga akan jauh berkurang,” ucap Sigit.

Baca juga: Pulang Kampung, Ingat Jangan Parkir Mobil di Bawah Pohon

Posisi Parkir Mobil di Lahan ParkirDicky Aditya Wijaya Posisi Parkir Mobil di Lahan Parkir

 

Sigit mengatakan saat mobil terkena sinar matahari langsung, dasbor yang terbuat dari material plastik juga berpotensi menjadi cepat kusam. Apalagi, bila kaca filmnya tidak menutup maksimal, akan semakin membuat cepat kusam bagian dasbor.

Selain itu, ketika mobil dijemur pada terik matahari, temperatur di kabin bisa sangat tinggi. Akibatkanya pendingin ruangan perlu bekerja lebih keras bila langsung digunakan.

“Oleh karena itu usahakan membuka kaca terlebih dahulu supaya udara panas bisa keluar dari mobil, dan AC mobil bisa bekerja lebih optimal” ujar Sigit.

Baca juga: Parkir Mobil di Pinggir Sawah, Pasutri di Magetan Ternyata Curi Bawang dan Cabai

Jadi, itu tadi beberapa kerugian memarkir mobil di ruang terbuka atau di luar rumah. Selain dapat mengganggu pengguna jalan lain, dampak untuk mobil itu sendiri cukup banyak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com