Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ABB Berkolaborasi Dengan PLN Sukseskan Gelaran Formula E

Kompas.com - 03/06/2023, 16:01 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - ABB sebagai sponsor utama Formula E berkolaborasi dengan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN). Bentuk dukungannya bisa dikatakan sangat vital untuk bisa membuat jalannya Jakarta E-Prix berjalan lancar.

ABB berkolaborasi dengan PLN menyediakan pasokan listrik dengan tingkat keamanan, efisiensi, dan kenyamanan tertinggi pada gelaran bergengsi tersebut.

Baca juga: Biang Es Jadi Penyelamat Semua Tim Balap Formula E

Sakelar tegangan menengah UniSec ABB akan digunakan untuk mengalihkan beban dari sumber daya primer ke cadangan jika sumber daya utama gagal, menjaga pengiriman catu daya kritis yang stabil untuk seluruh infrastruktur balapan.

Charger untuk mobil balap listrik Formula E yang didukung oleh ABBKompas.com/Donny Charger untuk mobil balap listrik Formula E yang didukung oleh ABB

Relay otomasi jaringan Relion REC615 ABB menawarkan fungsi perlindungan lanjutan yang diperlukan, serta pengoperasian dan kontrol jarak jauh untuk meningkatkan keselamatan. Menurut PLN, listrik yang disalurkan ke sirkuit akan bersumber dari sumber daya panas bumi dan PLTA yang ramah lingkungan.

Karin Lepasoon, Chief Communications and Sustainability Officer ABB, mengatakan, ajang balap ramah lingkungan ini merupakan tonggak bersejarah dalam mendemonstrasikan komitmen ABB akan keberlanjutan di balapan ke-75 ABB sebagai sponsor utama di kota terpadat di Asia Tenggara.

Baca juga: Mobil Balap Formula E Pakai Coolant Khusus untuk Dinginkan Baterai

"ABB berperan sebagai penyedia teknologi dan solusi untuk memerangi isu perubahan iklim. Fokus utama kami adalah elektrifikasi dan energi efisiensi, dua agenda utama pada seri balap mobil listrik ini di mana pengelolaan energi secara efektif merupakan kunci kesuksesan utamanya,” ujar Karin, dalam keterangan resminya.

Formula E Jakarta 2023 berlangsung di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara, pada Sabtu (3/6/2023).KOMPAS.COM/AHMAD ZILKY Formula E Jakarta 2023 berlangsung di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara, pada Sabtu (3/6/2023).

Selain efisiensi energi, seri ini merupakan platform untuk mendemonstrasikan teknologi e-mobilitas terbaru, dengan ABB berperan sebagai Official Charging Partner di musim ini.

Sebagai pemimpin pasar dalam teknologi pengisian daya kendaraan listrik, ABB telah menginstalasi sekitar 400 pengisi daya di Indonesia hingga saat ini. Selain itu, ABB juga memfasilitasi dan menginisiasi pemasangan beberapa wallbox Terra AC di gedung apartemen premium di wilayah Selatan Jakarta, menjadikannya apartemen pertama bangunan di Indonesia dengan fasilitas pengisian EV.

ABB juga terus berupaya meningkatkan opsi pengisian daya yang tersedia bagi sektor bisnis dan konsumen di Indonesia. Salah satu upaya tersebut ditunjukkan melalui penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara ABB E- mobility dan PLN Icon Plus dalam rangka mendorong pengembangan infrastruktur pengisian daya kendaraan listrik EV di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com