Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pebalap Jaguar TCS Racing Lakukan Persiapan Pakai Teknologi Canggih

Kompas.com - 02/06/2023, 18:22 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS - Ada satu teknologi canggih yang digunakan untuk mempersiapkan fisik dan ketahanan suhu dari para pebalap jelang melakoni laga Formula E Jakarta pada 3-4 Juni 2023.

Teknologi itu berupa ruangan khusus yang dinamakan atmospheric pressure chamber. Untuk mudahnya, alat ini bisa mereplikasi kondisi cuaca, kelembapan, bahkan iklim dari seluruh negara di Dunia.

Alat ini juga berukuran besar dan berbentuk unik, seperti aquarium besar berukuran 5x5 meter yang dilengkapi beberapa alat olahraga seperti treadmill di dalamnya.

Khusus untuk Jakarta yang merupakan kota tropis dengan kelembapan tinggi, tim balap Jaguar TCS Racing mengaku sudah mempersiapkan pebalapnya, Sam Bird dan Mitch Evans, sejak sebulan sebelumnya.

Baca juga: Hindari Panas Jakarta, Pebalap Formula E Pakai Jaket Es

Chris Shortt, Technical Operations Manager Jaguar TCS Racing mengatakan, pihak tim sudah mengantisipasi lonjakan suhu tinggi di Jakarta. Untuk mencegah dehidrasi, Sam dan Mitch diwajibkan membiasakan diri dengan cuaca panas.

“Mereka (Sam dan Mitch) menjalani latihan intensif selama beberapa jam dalam sehari, dan kami ambil data kualitas fisiknya. Minimal kami bisa memprediksi kondisi mereka saat berlaga di Jakarta,” ucapnya kepada Kompas.com, Jumat (2/6/2023).

Baca juga: Hankook Indonesia Dukung Formula E Jakarta

Mitch Evans menambahkan, hal itu sengaja dilakukan mulai musim ini sebagai upayanya untuk mengulang kembali kesuksesan tahun lalu, di mana saat itu, dia meraih podium juara 1.

Tim Jaguar TCS Racing di paddock jelang balapan Formula EKOMPAS.com/daafa Tim Jaguar TCS Racing di paddock jelang balapan Formula E

“Latihan di pressure chamber sangat menantang dan melelahkan, tapi ini optimisme saya untuk melakukan yang terbaik,” ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com