Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Alasan Nissan Ikut Formula E, Bikin Mobil Listrik Lebih Seru

Kompas.com - 02/06/2023, 17:21 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Formula E Jakarta E-Prix akan berlangsung pada Sabtu-Minggu (3-4 Juni 2023). Berbagai merek adu kehebatan membuat mobil listrik kencang untuk ikut balapan, salah satunya adalah Nissan.

Nissan sudah mengikuti Formula E Championship sejak 2018, saat itu musim keempat dan masih menggunakan mobil Gen 2. Sedangkan tahun ini lebih seru, karena mobil yang digunakan baru, yakni Gen 3, lebih ringan dan lebih kencang.

Redaksi Kompas.com mendapatkan kesempatan untuk keliling pit Nissan Formula E Team. Pada momen tersebut, kami ditemani Martin Smith, sebagai Garage Tour Host Nissan.

Baca juga: Simak Lokasi Shuttle Bus Menuju Sirkuit Formula E Jakarta 2023

Nissan Formula E Team Kompas.com/Fathan Nissan Formula E Team

Martin menjelaskan tiga alasan kenapa Nissan mengikuti balap Formula E.

Alasan pertama adalah untuk menunjukkan kalau Nissan itu ahli dalam membuat kendaraan listrik.

"Pertama, untuk menunjukkan dunia kalau Nissan ahli dalam hal elektrifikasi. Pengalaman Nissan menciptakan mobil listrik untuk jalanan bisa diterapkan ke mobil listrik balap kita," ucap Martin di Jakarta, Jumat (2/6/2023).

Alasan kedua, Nissan mah menunjukkan kalau mobil listrik juga bisa sangat menyenangkan. Menyenangkan di sini bisa dilihat dari kehebatan performa yang disajikan dari mobil-mobil balap Formula E.

Baca juga: Libur Waisak, Car Free Day Jakarta Minggu Ini Ditiadakan

"Performa dari mobil listrik ini sangat luar biasa, bisa melaju sampai 322 Kpj di Gen 3, akselerasi 0-100 Kpj kurang dari 2,7 detik. Sangat luar biasa performanya dibanding mobil biasa, juga buat EV," ucap Martin.

Terakhir, alasannya adalah kejuaraan Formula E bisa jadi tempat untuk mengetes berbagai inovasi baru dari Nissan. Pada akhirnya, teknologi tadi malah bisa dibawa untuk mobil listrik Nissan di jalan raya.

 

"Nissan menggunakan balapan Formula E sebagai platform untuk mengembangkan powertrain mobil listrik Nissan agar semakin efisien dan menyenangkan. Kami menggunakannya sebagai test bed untuk penemuan di masa depan," kata Martin.

Jadi ada banyak manfaat untuk Nissan mengikuti balapan Formula E. Semoga di masa depan, mobil listrik Nissan bisa lebih efisien dan jauh lebih menyenangkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com