Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari Panas Jakarta, Pebalap Formula E Pakai Jaket Es

Kompas.com - 02/06/2023, 17:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kestabilan kondisi fisik merupakan satu faktor yang betul-betul diperhatikan para pebalap Formula E menyusul balapan di Jakarta 3-4 Juni 2023.

Menyikapi suhu panas Jakarta, kru medis tim-tim balap mengambil langkah khusus untuk membuat suhu tubuh pebalap berada di dalam kondisi optimal.

Chris Shortt, Technical Operations Manager Jaguar TCS Racing menjelaskan, tim medis seolah membuat satu ‘area karantina’ khusus untuk mencegah terjadinya heat stroke.

“Jakarta di tahun ini terasa begitu panas. Hal ini sudah kami antisipasikan sejak beberapa bulan lalu, salah satunya quarantine cooling chamber (ruang karantina pendingin) untuk Sam dan Mitch (pebalap Jaguar TCS Racing),” Kata Chris kepada Kompas.com, Jumat (2/5/2023).

Baca juga: Tarif Resmi Perpanjangan SIM C per Juni 2023

Sam Bird, Pebalap Jaguar TCS Racing KOMPAS.com/daafa Sam Bird, Pebalap Jaguar TCS Racing

Selain ada ruang pendingin, pebalap juga sering menggunakan aparatus khusus berupa rompi berisi gel pendingin. Ini penting untuk menurunkan panas dan mengontrol suhu tubuh.

“Pastinya kami ingin mereka tidak kelelahan dan dalam kondisi prima, apalagi di jam-jam terakhir menjelang balapan,” ucap Chris.

Manfaat dari penggunaan jaket es itu diakui oleh Sam Bird, Pebalap Jaguar TCS Racing asal Inggris. Menurutnya, suhu tubuh yang stabil akan sangat membantu dirinya dalam pengambilan keputusan.

“Panas berlebih bisa membuat kepala pening, bahkan memekakkan telinga. Inilah hal yang mau kami hindari,” ucap dia.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com