Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hankook Indonesia Dukung Formula E Jakarta

Kompas.com - 02/06/2023, 18:11 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hankook Indonesia mendukung gelaran ABB FIA Formula E 2023 Jakarta E-Prix. Sebagai sponsor ban tunggal di Formula E, Hankook Indonesia melihat balapan mobil listrik sebagai edukasi.

Apriyanto Yuwono, National Sales Manager PCR PT Hankook Tire Sales Indonesia mengatakan, Formula E juga sejalan dengan program pemerintah Indonesia yang terus menggalakkan pemakaian kendaraan listrik.

"Karena kita selalu berpusat di Hankook Korea kita jadi sponsor resmi Formula E kita jalankan acuan dari kantor pusat," kata Apriyanto di Jakarta, Jumat (2/6/2023).

Hankook Indonesia resmi memperkenalkan ban Hankook Ion khusus untuk mobil listrik.Foto: Sera Hankook Indonesia resmi memperkenalkan ban Hankook Ion khusus untuk mobil listrik.

"Di Indonesia sendiri sejalan dengan program pemerintah peduli dengan lingkungan menyediakan ban khusus kendaraan listrik karena memang karakteristik ban mobil listrik dan konvensional berbeda. Orang perlu paham mobil listrik itu perlu ban yang khusus juga," kata dia.

Musim 2023 menjadi musim kesembilan FIA Formula E diselenggarakan. Musim ini berbeda dari musim-musim sebelumnya, karena Hankook menggantikan Michelin sebagai pemasok ban tunggal.

Untuk Formula E, pabrikan ban asal Korea Selatan ini sudah menyiapkan lini ban terbarunya yang secara khusus dikembangkan untuk mobil balap listrik.

Sekitar 30 persen ban ini dirancang khusus untuk mobil balap Formula E Gen3 yang dibuat dari bahan ramah lingkungan. Meski demikian, tidak mengorbankan performa berkendaranya.

Baca juga: Cek Harga Aki Motor per Juni 2023

Ban mobil balap Gen3 Formula E, Hankook iONDok. Hankook Ban mobil balap Gen3 Formula E, Hankook iON

Tim balap di Formula E juga bisa menggunakan satu ban untuk kondisi kering dan basah sekaligus untuk menghemat energi. Berbeda dengan ajang balap Formula 1 (F1) yang ban basah dan kering dibuat terpisah.

Ban balap ini juga memiliki daya tahan yang lebih awet. Kemudian, setelah pekan balapan terakhir, Hankook akan mendaur ulang semua ban balap yang digunakan untuk mendukung keberlanjutan lingkungan.

Untuk alokasi ban, Formula E hanya mengandalkan delapan ban alias dua set per kejuaraan. Dengan demikian, Formula E menjadi kejuaraan dunia FIA dengan konsumsi ban yang paling sedikit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com