Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Fitur Canggih Chery Omoda 5

Kompas.com - 13/04/2023, 14:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Usai membahas tampilan eksterior dan interior, kini saatnya membahas fitur andalan Chery Omoda 5.

Sport utility vehicle (SUV) Crossover ini dibekali dengan beragam teknologi canggih yang diperuntukkan untuk kemudahan bagi penggunanya saat berkendara. Tak hanya itu, pada sektor hiburan mobil ini juga dibekali dengan tampilan yang modern.

Omoda 5 dibekali dengan head unit 10,25 inci yang sudah didukung koneksi Apple Car Play dan Android Auto, termasuk Dynamic Meter Cluster.

Baca juga: Saat Beli Mobil Bekas Wajib Cek Bagian Mesin

Tak hanya itu, mobil ini juga sudah dibekali dengan automatic lamp, sequential turning light, ventilated seats untuk kursi pengemudi dan penumpang di depan, power tailgate, power sunroof, sun visor dengan lampu, intelligent voice assistant, hingga camera 360.

Tim redaksi pun berkesempatan untuk membedah fitur keselamatan yang ada pada SUV crossover asal China itu.

Chery Omoda 5Kompas.com/Nanda Chery Omoda 5

Sebagai informasi, Omoda 5 sudah dilengkapi fitur keselamatan aktif yang terdapat dalam teknologi advanced driver-assistance system alias ADAS.

Total ada 12 fitur keselamatan yang disematkan pada teknologi ADAS di Omoda 5, yakni Autonomous Emergency Brake (AEB), Integrated Cruise Assist (ICA), Drive Away Warning (DAW), Traffic Jam Assist (TJA), dan Front Collision Warning (FCW).

Selain itu masih ada Rear Cross Traffic Alert (RTA), Emergency Lane Keeping (ELK), Blind Spot Warning (BSW), Lane Departure Warning (LDW), Lane Departure Prevention (LDP), Adaptive Cruise Control (ACC) dan Lane Keeping Assist (LKA).

Beberapa di antara fitur tersebut cukup berguna sebagai asistensi saat berkendara. Seperti Blind Spot Warning yang akan memantau datangnya kendaraan lain dari bagian samping belakang mobil.

Sehingga ketika ada mobil atau kendaraan lain mendekat, sensor tersebut akan mendeteksi beserta sisi arah datangnya dan memberi peringatan kepada pengemudi.

Kemudian ada juga fitur Lane Keeping Assist yang akan memberikan peringatan kepada pengemudi saat kendaraannya melenceng dari jalur. Bentuk peringatannya yang diberikan mulai dari notifikasi pada MID, sampai getaran pada setir untuk menyadarkan pengemudi agar segera koreksi jalur.

Adaptive Cruise Control Chery Omoda 5Kompas.com/Nanda Adaptive Cruise Control Chery Omoda 5

Pada kesempatan ini tim redaksi juga mencoba fitur ACC with low speed follow. Dengan fitur ini, kendaraan dapat menyesuaikan kecepatan dan jarak dengan kendaraan yang berada di depan.

Secara garis besar fitur ini menggunakan radar dan kamera untuk mendeteksi jarak kendaraan terhadap mobil di depannya, serta mengatur kecepatan kendaraan untuk menjaga jarak ideal.

Caranya, kita atur dulu kecepatan maksimal berapa dan mau berapa jaraknya dengan kendaraan di depan.

Misal, kita atur di jarak 40 km per jam, tiba-tiba kendaraan didepan berubah menjadi 60 kpj, mobil kita tetap berada di kecepatan 40 kpj, karena kecepatan maksimalnya sudah diset 40 kpj.

Namun, ketika mobil di depan menurunkan kecepatan menjadi 30 kpj, mobil kita juga akan mengikuti 30 kpj secara otomatis tanpa harus menginjak rem.

Baca juga: Saat Beli Mobil Bekas Wajib Cek Bagian Mesin

Saat mobil di depan perlahan berhenti, maka mobil kita juga akan ikut berhenti secara otomatis. Ketika mobil di depan mulai berjalan dari posisi berhenti, maka mobil kita kembali mengikuti mobil di depannya saat tombol set atau res maupun pedal gas diaktifkan.

Meski begitu, perlu ditegaskan pengemudi tetap menjadi sosok yang berkuasa atas kemudi mobil sehingga harus tetap waspada dan bersiap jika fitur tidak bekerja secara maksimal.

Secara keseluruhan, Chery Omoda 5 memiliki sejumlah teknologi dan fitur keselamatan yang cukup mumpuni bagi pengemudi dan penumpang. Terlebih harga yang ditawarkan cukup bersaing, yakni mulai Rp 329,8 juta sampai Rp 399,8 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com