Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahas Platform Canggih e4 yang Disematkan di SUV BYD Yangwang U8

Kompas.com - 23/07/2024, 20:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Tak hanya menampilkan lini produk unggulan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024. BYD Indonesia juga turut mengenalkan teknologi canggih, yakni platform e4 yang disematkan pada Yangwang U8.

Muhammad Sutan Sholahuddin, Technical Support & Training BYD menjelaskan, platform e4 merupakan teknologi yang sangat canggih dan terbaru yang dibuat untuk keamanan yang lebih baik, performa yang tinggi serta kenyamanan untuk para penggunanya.

“e4 ini memiliki motor disetiap rodanya dengan power yang sangat tinggi. e4 juga memiliki satu control unit yang dapat mendistribusikan power ke setiap bagian, yang mana kalau kita lihat setiap roda di e4 bisa berbeda satu sama lain,” ucap Sutan, di ICE BSD, Tangerang, Selasa (23/7/2024).

Baca juga: Wintrone Punya Kendala Penuhi Regulasi Bobot Bus Listrik

Salah satu hal yang bisa dilakukan dengan teknologi e4 adalah tank turn atau mobil bisa berputar 359 derajat. Teknologi ini baru disematkan pada model Yangwang U8 dan U9.

platform e4Kompas.com/Nanda platform e4

e4 juga bisa memberikan performa canggih dengan tiga inti penting. Pertama adalah empat motor independent drive, di mana kecepatan antara motor satu dan lainnya bisa berbeda. Selanjutnya ada friction control, di mana kendaraan bisa menyesuaikan gesekan dengan medan jalan yang dilalui. Terakhir e4 bisa mengatur stabilitas bodi kendaraan.

Misalnya, dalam kecepatan 120 Km per jam, e4 bisa dengan stabil mengatur kendaraan ketika terjadi kebocoran pada salah satu ban. Sehingga mobil tetap melaju dengan stabil meski salah satu ban tidak berfungsi.

Selain itu, e4 juga membuat kendaraan dengan mudah melewati kondisi jalan licin seperti salju atau tanjakan pasir dengan kemiringan 32 derajat.

BYD Yangwang U8 melantai di GIIAS 2024, ICE BSD, TangerangKOMPAS.com/Nanda BYD Yangwang U8 melantai di GIIAS 2024, ICE BSD, Tangerang

Baca juga: Alasan Kenapa Mobil Elektrifikasi Harus Pakai Kaca Film Khusus

Terdapat juga sensor canggih pada kendaraan yang mendapat teknologi e4, mulai dari integrated measurement unit, wheel speed sensor, steering sensor, sensor camera, millimeter wave radar, lidar, serta ultrasonic.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau