Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Mudik Jangan Bawa Makanan dengan Bau Menyengat, Kabin Bisa Apak

Kompas.com - 13/04/2023, 10:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat hendak pulang kampung untuk merayakan momen lebaran, pemudik biasanya membawa barang oleh-oleh untuk kerabat di kampung halaman.

Perlu diingat, ada beberapa barang bawaan yang tidak disarankan untuk masuk ke mobil. Barang-barang tersebut berupa benda atau makanan yang memiliki aroma tajam, seperti durian, bawang, ikan asin, dan lain-lain.

Efek yang bisa ditimbulkan benda beraroma tajam pada mobil tidak bisa disepelekan, karena bau menyengat dari barang tersebut bisa menetap di kabin selama berhari-hari bahkan berminggu-minggu pasca mudik lebaran.

Noval Al-Hudah, Teknisi Mitsubishi Prabu Pendawa Motor menjelaskan, bau menyengat pada kabin mobil adalah satu kendala yang cukup merepotkan untuk ditangani.

Baca juga: Wajib Cek Kondisi Mobil Sebelum Pergi Mudik Lebaran

Evaporator AC mobil berlendir akibat penumpukan asap rokokMF Auto Cool/Fendi Evaporator AC mobil berlendir akibat penumpukan asap rokok

“Sering sekali ditemukan kendala seperti ini, apalagi setelah musim mudik. Penanganannya cukup ribet dan memakan waktu, enggak bisa instan seperti servis biasa,” katanya kepada Kompas.com, belum lama ini.

Noval menjelaskan jika mobil sudah terlalu bau, ada beberapa langkah penanganan yang harus dilakukan. Penanganan ini juga cukup memakan waktu dan biaya karena cukup sulit dilakukan sendiri.

Langkah penanganan tersebut cukup banyak, yakni membersihkan kompartemen AC, mengganti filter udara, dan melakukan steam kabin supaya bau hilang sempurna.

“Pertama-tama akan dibersihkan di bagian AC seluruhnya, tanpa terkecuali. Mulai dari kondensor sampai filter AC. Sebaiknya filter AC diganti baru saja,” ujarnya.

Baca juga: AC Mobil Tiba-tiba Tidak Dingin, Tanda Mesin Mengalami Overheat?

Proses pencopotan jok mobil untuk pembersihanKOMPAS.com/daafa Proses pencopotan jok mobil untuk pembersihan

Pengguna disarankan mengganti filter AC jika bau di kabin sudah sangat menyengat. Menurut Noval, bau menyengat bisa tersimpan di filter AC yang lama dan bisa mempengaruhi aroma kabin.

“Ganti filter AC itu tidak mahal, mulai di kisaran Rp 150.000. Itu harga yang sebanding untuk menghilangkan bau menyengat di kabin,” katanya.

Setelah membersihkan bagian AC mobil, langkah selanjutnya adalah pembersihan kabin mobil secara menyeluruh.

“Sama seperti interior detailing, bagian kabin akan dibersihkan mulai dari karpet hingga plafon. Pembersihannya menggunakan steamer dan sabun supaya bau betul-betul hilang,”

Karena proses pembersihan yang panjang dan cukup ribet, Noval menyarankan pengguna untuk tidak sembarangan membawa barang dengan bau menyengat ke dalam mobil ketika mudik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com