Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/03/2023, 09:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski punya peran yang cukup penting, namun tak sedikit pemilik mobil yang masih malas melakukan perawatan ban.

Padahal, rutin melakukan perawatan ban bisa mengoptimalkan masa pakainya, alias membuat umur lebih panjang yang juga berdampak pada efisiensi pengeluaran.

Bicara soal perawatan juga sangat mudah untuk dilakukan. Paling utama pemilik mobil wajib mengontrol tekanan udara, minimal satu kali dalam satu minggu.

Baca juga: Risiko Pecah Ban karena Jalan Berlubang di Tol, Persiapkan Ban Serep

Tak kalah penting adalah membersihkan kerikil yang kerap menempel atau bersarang pada alur ban.

Walau terkesan sepele, tapi keberadaan batu kecil tersebut ternyata bisa memberikan dampak yang sangat merugikan.

Ilustrasi kerikil pada alur ban mobilKOMPAS.com/Adityo Wisnu Ilustrasi kerikil pada alur ban mobil

Menurut Zulpata Zainal, On Vehicle Test PT Gajah Tunggal Tbk, keberadaan krikil pada alur ban dalam kurun waktu yang lama berpotensi membuat masalah.

Efeknya, akan berimbas pada kerusakan konstruksi ban lantaran secara terus-menerus tertekan kerikil.

"Kerikil yang menempel dan dibiarkan dalam jangka waktu lama bisa membuat karet atau konstruksi ban rusak. Apalagi ketika mobil berjalan, roda yang berputar akan memberikan tekanan yang kontinu," kata Zulpata kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Baca juga: Awas Macet, Mobil dan Motor Diprediksi Mendominasi Mudik 2023

Akibat dari tekanan tersebut, otomatis membuat kerikil yang bersarang pada alur ban juga akan menekan permukaan karet secara intens.

Ditambah bobot kendaraan, serta jumlah kerikil yang banyak, tentu hanya tinggal menunggu waktu terjadinya kerusakan pada ban.

"Ketika sudah mengalami kerusakan, otomatis akan membuat ban dalam kondisi tak optimal. Sangat besar kemungkinan ban mengalami kebocoran atau jadi penyebab pecah ban karena kondisinya yang jadi rentan," ucapnya.

Zulpata menyarankan, saat ada waktu senggang atau ketika mencuci mobil, pemilik bisa sekaligus membersihkan kerikil yang berada di alur ban.

Hal ini bisa dilakukan dalam jangka waktu tertentu. Selain itu, bicara perawatan ban juga ada baiknya rutin melakukan rotasi, tujuannya agar keausan pada permukaan bisa merata.

Baca juga: Cerita Pengendara Mobil yang Tabrak Klitih di Magelang

Kerikil yang bersarang pada alur ban mobilKOMPAS.com/STANLY RAVEL Kerikil yang bersarang pada alur ban mobil

"Bukan karena ada kerikil langsung rusak, tapi ada prosesnya, ada akumulasi karena sudah lama dan terus terdorong karena mobil bergerak dan membawa beban maka bisa terjadi kerusakan. Semakin kencang kendaraan semakin besar tekanannya," ujar Zulpata.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com