Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sering Lewat Jalan Rusak, Usia Ban Makin Pendek

Kompas.com - 07/03/2023, 20:11 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kondisi ban motor sangat penting untuk diperhatikan, terutama buat pengendara yang sering melewati jalanan berlubang.

Kerusakan yang ditimbulkan juga bervariasi, karena ada kerusakan visual yang tampak pada bagian luar ban, atau kerusakan internal pada bagian dalam.

“Kerusakan visual pada permukaan ban yang sering digunakan melewati jalan berlubang bisa langsung kelihatan, misalnya benjol, sidewall sobek, atau terkikis,” kata Dodiyanto, Senior Brand Executive dan Product Development PT Gajah Tunggal Tbk kepada Kompas.com, Selasa (7/3/2023).

Fungsi utama dari ban pada motor adalah menjadi titik kontak antara motor dengan jalanan, sekaligus menjadi penyangga beban motor dan pengendara. Bila ban sering terekspos jalan berlubang, kinerjanya akan menurun.

Baca juga: Ini Perbedaan Busi Mobil dan Busi Motor, Serupa tapi Tak Sama

Pemeriksaan kondisi fisik ban motorDicky Aditya Wijaya Pemeriksaan kondisi fisik ban motor

“Konstruksi permukaan ban yang sering menghadapi jalan berlubang akan berubah, tidak lagi optimal. Otomatis, usia pemakaiannya juga memendek,” kata Dodiyanto.

Selain merusak bagian luar ban, jalan berlubang juga bisa merusak lapisan bagian dalam ban. Bagian ini tidak tampak dari luar, namun bisa terasa saat motor dikendarai.

“Ban kan punya layer (lapisan) yang bertumpuk, biasanya dua sampai empat layer. Kumpulan layer ini akan menerima tekanan ekstra jika kontur jalan tidak rata dan berlubang. Bila tekanan sudah terakumulasi, ban pasti tidak lagi nyaman digunakan,” ujarnya

Selain ban, jalanan rusak juga bisa memberikan dampak pada bagian pelek dan bearing roda, di mana pelek bisa penyok dan bearing menjadi aus.

Baca juga: Kalau Pelek Motor Penyok, Apakah Masih Bisa Diperbaiki dengan Press?

Ilustrasi Velg bengkok pada ban belakang motorKompas.com/Daafa Ilustrasi Velg bengkok pada ban belakang motor

“Kalau motor menghantam jalan berlubang dengan kecepatan tinggi, pelek roda bisa penyok. Ini cukup bermasalah karena seal penahan angin rusak dan akibatnya, ban jenis tubeless tidak bisa digunakan,” kata Anto Hananto, Kepala Bengkel AHASS 88.

“Kalau pelek sudah rusak, bearing berpotensi rusak juga. Putaran roda yang tidak seimbang bisa membuat bearing aus,” ujarnya.

Menghadapi jalanan berlubang, pengendara motor disarankan untuk menurunkan kecepatan dan melintas dengan hati-hati. Sebaiknya mencari rute alternatif dengan kondisi jalan yang lebih mulus dan rata.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com