Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tentukan Pilihanmu
0 hari menuju
Pemilu 2024

Taksi Banyak Gulung Tikar, Ini Rahasia Blue Bird Bisa Bertahan

Kompas.com - 01/02/2023, 16:12 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com – Layanan taksi di era awal 2000an menjadi transportasi yang banyak diminati masyarakat Indonesia, terutama Jakarta. Kala itu ada banyak perusahaan taksi dengan beragam nama dan berbagai pelayanan untuk menarik minat pasar.

Namun, pamor taksi meredup saat era taksi online muncul di tanah air. Sehingga banyak nama taksi yang sempat populer harus gulung tikar lantaran tidak mampu bertahan dalam persaingan bisnis.

Saat ini Blue Bird menjadi taksi yang masih bertahan di era gempuran persaingan transportasi umum berbasis digital. Bahkan, unit taksi berkelir biru muda ini yang mudah untuk ditemukan di jalan raya.

Baca juga: Motor Konversi Dapat Insentif, Pemerintah Siapkan Pelatihan Bengkelnya

Sementara itu, beberapa nama taksi yang masih bertahan saat ini jumlahnya hanya sedikit, sehingga sulit untuk ditemukan di sembarang jalan.

Adrianto Djokosoetono, Wakil Direktur Utama PT Blue Bird Tbk mengatakan jika saat ini Blue Bird memiliki 48 pool pada 18 kota di Indonesia.

“Ada di Jabodetabek, Cilegon, Medan, Manado, Bandung, Palembang, Padang, Pangkalpinang, Batam, Bali, Lombok, Semarang, Surabaya, Pekanbaru, Makassar, Balikpapan, Solo dan Yogyakarta. Sementara di Jabodetabek, kami memiliki 35 pool,” kata Adrianto kepada Kompas.com, Rabu (1/2/2023).


Sejumlah inovasi telah dilakukan oleh perusahaan untuk tetap eksis sebagai perusahaan taksi di Indonesia.

Misalnya seperti, menggunakan mobil jenis Multi Purpose Vehicle (MPV) pada 2015, meluncurkan aplikasi My Blue Bird pada 2016, bekerjasama dengan ekosistem Gojek pada 2017 dan menggunakan beberapa mobil listrik untuk operasional taksi pada 2019. Kemudian, membuka lini bisnis baru dengan pelayanan bus bernama Big Bird.

Taksi Blue Bird.Dok. Shutterstock Taksi Blue Bird.

“Saat ini kami mengoperasikan lebih dari 20.000 unit kendaraan untuk operasional taksi dan rental di seluruh Indonesia. Sekitar 12.000 mobil kami operasikan di wilayah Jabodetabek,” kata Adrianto.

Baca juga: Urgensi Penandaan SIM dengan Poin bagi Pelanggar Lalu Lintas

Adrianto juga menyebutkan jika kini taksi listrik Blue Bird telah berjumlah sekitar 100 unit yang beroperasi di Jakarta, Bali dan Semarang.

Deretan mobil listrik yang digunakan oleh Blue Bird sebagai taksi listrik yakni model Tesla X75D, BYD E6, BYD T3, Hyundai Kona hingga Hyundai Ioniq.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke