Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taksi Banyak Gulung Tikar, Ini Rahasia Blue Bird Bisa Bertahan

Kompas.com - 01/02/2023, 16:12 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Layanan taksi di era awal 2000an menjadi transportasi yang banyak diminati masyarakat Indonesia, terutama Jakarta. Kala itu ada banyak perusahaan taksi dengan beragam nama dan berbagai pelayanan untuk menarik minat pasar.

Namun, pamor taksi meredup saat era taksi online muncul di tanah air. Sehingga banyak nama taksi yang sempat populer harus gulung tikar lantaran tidak mampu bertahan dalam persaingan bisnis.

Saat ini Blue Bird menjadi taksi yang masih bertahan di era gempuran persaingan transportasi umum berbasis digital. Bahkan, unit taksi berkelir biru muda ini yang mudah untuk ditemukan di jalan raya.

Baca juga: Motor Konversi Dapat Insentif, Pemerintah Siapkan Pelatihan Bengkelnya

Sementara itu, beberapa nama taksi yang masih bertahan saat ini jumlahnya hanya sedikit, sehingga sulit untuk ditemukan di sembarang jalan.

Adrianto Djokosoetono, Wakil Direktur Utama PT Blue Bird Tbk mengatakan jika saat ini Blue Bird memiliki 48 pool pada 18 kota di Indonesia.

“Ada di Jabodetabek, Cilegon, Medan, Manado, Bandung, Palembang, Padang, Pangkalpinang, Batam, Bali, Lombok, Semarang, Surabaya, Pekanbaru, Makassar, Balikpapan, Solo dan Yogyakarta. Sementara di Jabodetabek, kami memiliki 35 pool,” kata Adrianto kepada Kompas.com, Rabu (1/2/2023).


Sejumlah inovasi telah dilakukan oleh perusahaan untuk tetap eksis sebagai perusahaan taksi di Indonesia.

Misalnya seperti, menggunakan mobil jenis Multi Purpose Vehicle (MPV) pada 2015, meluncurkan aplikasi My Blue Bird pada 2016, bekerjasama dengan ekosistem Gojek pada 2017 dan menggunakan beberapa mobil listrik untuk operasional taksi pada 2019. Kemudian, membuka lini bisnis baru dengan pelayanan bus bernama Big Bird.

Taksi Blue Bird.Dok. Shutterstock Taksi Blue Bird.

“Saat ini kami mengoperasikan lebih dari 20.000 unit kendaraan untuk operasional taksi dan rental di seluruh Indonesia. Sekitar 12.000 mobil kami operasikan di wilayah Jabodetabek,” kata Adrianto.

Baca juga: Urgensi Penandaan SIM dengan Poin bagi Pelanggar Lalu Lintas

Adrianto juga menyebutkan jika kini taksi listrik Blue Bird telah berjumlah sekitar 100 unit yang beroperasi di Jakarta, Bali dan Semarang.

Deretan mobil listrik yang digunakan oleh Blue Bird sebagai taksi listrik yakni model Tesla X75D, BYD E6, BYD T3, Hyundai Kona hingga Hyundai Ioniq.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com