Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Mudah Bisa Lancar Parkir Paralel Mobil

Kompas.com - 30/01/2023, 10:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi sebagian orang, parkir paralel merupakan salah satu teknik parkir yang sulit. Namun, sebenarnya ada cara mudahnya.

Parkir paralel biasanya sering ditemui di pusat perbelanjaan atau mal ketika area parkir seri sudah penuh terisi. Untuk itu, setiap pengemudi harus bisa menguasai teknik parkir ini.

Baca juga: Kenapa Moge Punya Area Parkir Khusus di Mal?

Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Center (RDC), mengatakan, posisikan mobil sejajar dengan jarak setengah pintu terbuka atau sekitar satu meter.

"Lalu, sejajarkan bumper belakang dengan bumper belakang mobil yang ada di sebelah kanan," ujar Marcell, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Langkah berikutnya, Marcell menambahkan, putar kemudi ke arah kanan. Kemudian, mundurkan mobil ke area parkir secara perlahan.

Baca juga: Parkir Mobil Transmisi Manual, Gigi Sebaiknya di Posisi N

"Hentikan kendaraan saat bodi kanan mobil kita sejajar dengan lampu kanan mobil yang ada di belakang," kata Marcell.

Selanjutnya, luruskan setir dan mundur hingga pilar A sejajar dengan ujung bumper belakang kanan mobil depan. Kemudian, putar setir ke arah kiri dan mundurkan mobil hingga sejajar dengan mobil yang ada di depan dan belakang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com