Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/01/2023, 17:14 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa mal besar di Jakarta punya tempat parkir khusus untuk pengguna motor gede atau Moge. Biasanya, letak tempat parkir moge ada di bagian muka atau depan mal.

Tidak semua moge bisa parkir di area tersebut, biasanya ada syarat minimum kapasitas mesin, bisa di atas 500 cc atau 600 cc. Jadi jika mesin motornya di bawah syarat tersebut, tidak bisa diparkir di area khusus.

Apa maksud dari tempat parkir khusus moge tersebut?

Baca juga: Dari Sisi Aturan, Moge Ingin Masuk Tol Bukan Hal Berlebihan

Ilustrasi parkir motor khusus moge yang terletak di Tangcity MallTwitter @tangcity Ilustrasi parkir motor khusus moge yang terletak di Tangcity Mall

Ketua Indonesia Parking Association Rio Octaviano mengatakan, moge memang disengaja mendapat fasilitas khusus atau spesial yakni parkir di depan mal dengan mempertimbangkan beberapa hal.

"Alasan pertama, biasanya moge ini kan (yang bawa) orang-orang high class dan sebagian memiliki hubungan khusus dengan owner atau pemilik mal," kata Rio kepada Kompas.com, Senin (23/1/2023).

Alasan kedua, jejeran moge yang ada di depan mal jadi salah satu strategi agar bisa dikunjungi berbagai komunitas motor. Jadi bisa dibilang buat menarik perhatian.

Baca juga: Deretan Bus AKAP Mewah, Harga Tiket Tembus Rp 800.000


"Ketiga, ketika moge diberikan fasilitas khusus, secara word of mouth (mulut ke mulut) marketing akan lebih baik (untuk mal)," kata Rio.

Kebanyakan moge yang parkir di area khusus tidak dikenakan tarif, berbeda dengan parkir mobil atau motor di gedung parkir. Tapi keuntungan bagi mal adalah dari sisi branding yang mewah dan baik karena banyak moge nongkrong.

"Untuk si mal sendiri menjadi marketing yang baik juga, melakukan daya tarik untuk mal tersebut. Istilahnya branding mal jadi bagus karena banyak moge parkir," ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.