Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Aman Parkir Mobil di Tanjakan dan Turunan

Kompas.com - 20/01/2023, 11:31 WIB
Dicky Aditya Wijaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SEMARANG,KOMPAS.com Parkir mobil di jalan menurun atau menanjak tidak boleh sembarangan. Sebab sangat berisiko, apalagi ada komponen rem yang tidak berfungsi dengan baik sehingga menyebabkan bahaya.

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) mengatakan, hal-hal teknis untuk parkir di tanjakan atau jalan yang tidak rata juga mencakup komponen transmisi. 

"Rem tangan atau handbrake belum tentu mengunci roda, ada risiko terlepas bila rem bermasalah. Transmisi bisa digunakan, khusus manual gigi di posisikan ke 1, untuk matik wajib di posisi P," kata Sony di Jakarta. 

Baca juga: Nekat Parkir di Trotoar, Motor Bisa Diangkut dan Didenda Rp 250.000

Posisi ban juga menentukan keamanan di tempat parkir. Menurut Sony, ban yang dibelokkan ke sisi luar trotoar dapat menghindari mobil meluncur ke bawah. 

Ilustrasi parkir mobil di jalan yang menurunsfmta.com Ilustrasi parkir mobil di jalan yang menurun

"Trotoar yang akan mengganjal mobil. Safety untuk mencegah kecelakaan fatal. Bila rem sampai gagal menahan, paling tidak tertahan oleh trotoar," ucapnya. 

Founder & Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu mengatakan, saat parkir yang dibutuhkan bukan sebatas teknik dasar parkir. Tapi, membaca situasi terutama tempat parkir yang aman. 

"Sebisa mungkin, bila di tanjakan atau turunan sebaiknya dihindari. Teknik parkir oke, tapi faktor teknis kendaraan kan enggak terprediksi," kata Jusri. 

Baca juga: Kejadian Lagi, Mobil Meluncur Akibat Lupa Tarik Rem Tangan

Kepala Bengkel Nissan Setyabudi Semarang Andika Herda Permana menyarankan, cek fungsi rem baik pengereman utama atau rem tangan penting dilakukan secara berkala. 

Ilustrasi rem tangan mobil () Ilustrasi rem tangan mobil

"Kekencangan dan fungsi rem, terutama hand rem. Banyak kasus handbrake meluncur di jalan turunan atau tanjakan saat parkir. Kampas rem tangan sering lengket. Mobil yang parkir lama atau basah setelah di cuci kampas rem biasanya berkarat," kata Andika. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com