Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketahui Ada Manfaat Buka Kaca Samping Saat Mobil Parkir

Kompas.com - 20/01/2023, 11:22 WIB
Dicky Aditya Wijaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

SEMARANG,KOMPAS.com - Parkir di tempat yang terbuka tidak sedikit pemilik mobil membuka sedikit kaca jendela mobil. 

Kondisi itu dilakukan untuk memberikan sirkulasi udara yang tetap masuk ke dalam kabin. Oleh karena itu, panas sinar matahari tak merusak komponen-komponen seperti jok dan doortrim. 

Kepala Bengkel Nasmoco Kaligawe Semarang Mohammad Syafruddin mengatakan, dengan jendela dibuka sedikit maka sirkulasi udara tetap bisa menyebar ke seluruh bagian kabin. 

Baca juga: Seberapa Besar Pengaruh Matikan AC dengan Efisiensi BBM Mobil

Udara panas dari sinar matahari juga berisiko menyebabkan kaca pecah. Kondisinya, udara panas seperti terperangkap di dalam kabin. Padahal, kata Syafruddin, sifat dasar udara tak mungkin berubah alamiah menjadi gas. 

Sirkulasi udara yang tetap ada walaupun mobil parkir berjam-jam akan menjaga suhu udara yang stabil. 

Tapi, Syafruddin menyarankan, untuk faktor keamanan dari aksi pencurian, kaca dibuka sebatas talang air alias door visor

Ilustrasi pecahkan kaca mobilwww.bankrate.com Ilustrasi pecahkan kaca mobil

"Cukup satu ruas jari. Kalau lebih terlalu berbahaya, barang-barang berharga yang disimpan rawan diincar pelaku kejahatan," ucapnya. 

Hal berbeda diungkapkan Kepala Bengkel Honda Gajah Mada Semarang Nanang. Menurutnya, tidak ada aturan yang mewajibkan untuk membuka kaca sedikit walaupun parkir di tempat yang panas. 

"Faktor keamanan itu nomor satu. Risiko mobil di curi, atau barang di mobil di bawa kabur besar sekali. Ada celah untuk berbuat kejahatan," kata Nanang. 

Kabin yang terlalu panas dapat segera teratasi dengan langsung membuka penuh kaca jendela saat akan melanjutkan perjalanan. 

talang airKompas.com/Erwin Setiawan talang air

Nanang pun menyarankan, sirkulasi udara luar dibuka saat AC pertama kali menyala, agar tak dipaksa melebihi batas kemampuan. 

Baca juga: Waspada Pencurian, Begini Cara Parkir Mobil yang Aman

"Dibuka full depan belakang saat mau jalan saja. Daripada risikonya tinggi. Kan manfaatnya cuma buat sirkulasi udara AC biar dingin," kata dia. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com