Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Parkir Mobil Transmisi Manual, Gigi Sebaiknya di Posisi N

Kompas.com - 21/01/2023, 14:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kebiasaan pengemudi mobil manual ketika parkir memang ada saja, seperti memposisikan transmisi ke gigi satu.

Katanya, posisi transmisi tersebut bisa mencegah ketika rem tangan tidak berfungsi, mobil jadi tertahan. Padahal, posisi tuas transmisi tersebut sangat rawan, malah bisa membahayakan.

Suparna, Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak mengatakan, kalau itu dilakukan oleh orang yang sama dan sudah jadi kebiasaan, tidak masalah. Bahayanya adalah ketika digunakan oleh orang lain, mobil bisa loncat.

Baca juga: Cara Aman Parkir Mobil Transmisi Manual di Tanjakan dan Turunan

Ilustrasi parkir mobil di jalan yang menurunsfmta.com Ilustrasi parkir mobil di jalan yang menurun

"Berbahaya, dia akan starter langsung. Kendaraan lama, walau gigi masuk masih bisa di-starter, tapi sekarang mobil manual harus diinjak koplingnya," ucap Suparna kepada Kompas.com, Sabtu (21/1/2023).

Apalagi jika mobil tadi pakai mesin diesel dan belum ada teknlogi pengaman tersebut. Diesel itu punya torsi yang besar bahkan di rpm rendah, mobil bisa bergerak walau posisi rem tangan aktif, sangat berbahaya.

"Menurut saya memasukkan gigi satu itu salah kaprah. Kalau itu untuk keamanan, mungkin cuma bisa di kondisi tertentu, seperti parkir di tempat ekstrem (tanjakan) tapi tidak bisa digeneralisir ke semua kasus," ucapnya.

Baca juga: Apakah Benar Mobil Manual Lebih Kuat Melibas Tanjakan?


Kalau parkir biasa, tidak perlu lagi masukkan ke gigi satu, rem tangan cukup menahan kendaraan. Tidak ada alasan rem tangan tidak bekerja sempurna, berarti pemilik tidak merawat kendaraan dengan baik.

"Kalau misal karena rem tangan enggak bagus, rem tangannya dibagusin. Makanya selalu lakukan servis berkala secara rutin, agar fungsi komponen kendaraan selalu terjaga," ucap Suparna.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.