Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Spesifikasi Mobil Listrik Genesis G80 yang Dipakai RI 20

Kompas.com - 24/01/2023, 11:03 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil listrik mewah Genesis G80 yang dibawa oleh PT Hyundai Motors Indonesia terpantau mulai digunakan oleh Kementerian RI sebagai kendaraan dinas.

Hal ini, terbukti dari cuplikan foto dan video yang ditangkap redaksi Kompas.com yang mana menunjukkan bahwa terdapat Genesis G80 dengan pelat nomor RI 20 melintas di ruas tol Jagorawi dari arah Bogor ke Jakarta.

Diketahui, pelat nomor khusus RI 20 merupakan Menteri Dalam Negeri (Mendagri). Mobil berjalan dengan pengawalan berupa satu unit motor patwal.

Baca juga: Mobil Listrik Genesis G80 Tertangkap Kamera Dipakai RI 20, Jadi Mobil Dinas?

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) terpantau menggunakan mobil listrik mewah Genesis G80 sebagai kendaraan dinas, melintas dari Bogor keluar tol Cililitan pada Selasa (24/1/2023).Kompas.com/ADT Menteri Dalam Negeri (Mendagri) terpantau menggunakan mobil listrik mewah Genesis G80 sebagai kendaraan dinas, melintas dari Bogor keluar tol Cililitan pada Selasa (24/1/2023).

"Mobil keluar gerbang tol Cililitan, Jakarta pada pukul 09.04 WIB. RI 20 jalan bersama rombongan Presiden dari arah Bogor," kata tim Kompas.com yang merekam kejadian itu, Selasa (24/1/2023).

"Rombongan RI 1 keluar tol Cawang, RI 20 keluar tol Cililitan dikawan motor patwal 1. Di antara rombongan, hanya ada 1 mobil listrik yaitu Genesis G80 yang dipakai RI 20," lanjut keterangan tersebut.

Besar kemungkinan, sedan listrik tersebut merupakan bekas kendaraan kepala negara yang dibawa khusus Hyundai Indonesia untuk gelaran Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 15-16 November 2022 lalu.

Sebab sampai Desember 2022, tercatat hanya ada 134 unit Genesis G80 yang dikirimkan ke Indonesia. Jumlah tersebut, sesuai dengan pengadaan Hyundai untuk mendukung KTT G20 yang mencangkup 44 unit unit model Special Edition Long-Wheelbase dan sisanya edisi standar.

Baca juga: Daftar Bus AKAP yang Punya Rute Jakarta- Yogyakarta

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) terpantau menggunakan mobil listrik mewah Genesis G80 sebagai kendaraan dinas, melintas dari Bogor keluar tol Cililitan pada Selasa (24/1/2023).KOMPAS.com/ADT Menteri Dalam Negeri (Mendagri) terpantau menggunakan mobil listrik mewah Genesis G80 sebagai kendaraan dinas, melintas dari Bogor keluar tol Cililitan pada Selasa (24/1/2023).

Di atas kertas, Genesis G80 punya dimensi dengan spesifikasi panjang 5.005 mm, lebar 1.925 mm, tinggi 1.475 mm, dan wheelbase di angka 3.010 mm.

Sedan sepanjang 5 meter tersebut dibekali dengan penggerak dual motor di roda depan dan belakang. Masing-masing motor dapat mengeluarkan tenaga 182 hp dengan torsi maksimum 350 Nm.

Jika ditotal, seluruh roda mampu mengeluarkan tenaga hingga 364 hp dengan torsi maksimum 700 Nm. Sementara baterai yang digunakan memakai Lithium-ion berkapasitas 87,2 kWh.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.