Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spesifikasi Mercedes Benz OH 1626 PO Raya Pakai Bagasi Tembus

Kompas.com - 24/01/2023, 10:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PO Raya merupakan salah satu pelanggan setia sasis bus Mercedes Benz. Tercatat berbagai model Mercedes Benz sudah dipakai, dari zaman OH 1518 "King", 1521 "Intercooler", 1526, sampai 1626.

Redaksi Kompas.com dapat kesempatan mencoba bus Raya yang memakai sasis OH 1626. Bus tersebut melayani rute Solo-Bogor dengan kelas layanan Junior Executive 34, tiketnya dibanderol Rp 250.000.

Untuk sasis, Mercedes Benz OH 1626 memakai mesin OM 906 LA 6.374 cc enam silinder segaris dengan turbo. Mesin tersebut menghasilkan 260 Tk di 2.200 rpm dan torsi 950 Nm pada 1.200 rpm sampai 1.600 rpm.

Baca juga: Menarik untuk Disimak Tren Livery Bus AKAP di Indonesia Tahun 2023

Sasis Mercedes-Benz OH 1626.Mercedes-Benz Indonesia Sasis Mercedes-Benz OH 1626.

Tenaga tadi disalurkan ke as roda belakang dengan transmisi manual enam percepatan. Secara teknis, sasis tersebut bisa melaju sampai 120 Kpj, tapi untuk bus PO Raya, memakai speed limiter di 100 Kpj.

Kemudian, sasis ini sesuai dengan namanya (OH 1626) punya Gross Vehicle Weight (GVW) 16 ton. Lebih detail, gandar depan menopang 5.500 Kg dan belakang 10.500 Kg.

Soal kenyamanan, OH 1626 sudah dilengkapi dengan suspensi udara tipe narrow. Sehingga, sasis ini cukup nyaman menopang bodi Legacy SR2 HD Prime buatan Karoseri Laksana.

Baca juga: Kesalahan Pemula yang Bikin Transmisi Mobil Matik Cepat Rusak


Kemudian pada sisi pengereman, masih memakai model tromol yang sebenarnya juga sangat mumpuni. Selain rem utama, ada juga rem pembantu yakni exhaust brake dengan engine brake.

Keunggulan dari sasis ini adalah tipenya yang bogey atau harus dibuat space frame. Jadi nantinya bagian bagasi tembus, jadi lebih lega dan bisa memuat barang lebih banyak.

Cuma untuk unit yang redaksi naiki, posisi pintunya ada di tengah, jadi bagasinya sedikit lebih kecil daripada model pintu belakang. Namun, posisi pintu tersebut dilakukan demi kabin yang lebih lega.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.