Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Listrik Genesis G80 Tertangkap Kamera Dipakai RI 20, Jadi Mobil Dinas?

Kompas.com - 24/01/2023, 09:58 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Nasib mobil listrik Genesis G80 bekas perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20, yang dibawa langsung oleh PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) agaknya sudah mulai terang.

Pasalnya pada pagi ini, Selasa (24/1/2023), RI 20 menggunakan sedan listrik di to Jagorawi dari arah Bogor ke Jakarta. Melihat data, RI 20 merupakan Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Kejadian tersebut tertangkap kamera redaksi Kompas.com saat melintas keluar gerbang tol Cililitan dari arah Bogor, yang dikepalai oleh satu motor pengawal.

Baca juga: Ini 7 Jenis Pelanggaran yang Terekam Kamera E-TLE di Jawa Tengah

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) terpantau menggunakan mobil listrik mewah Genesis G80 sebagai kendaraan dinas, melintas dari Bogor keluar tol Cililitan pada Selasa (24/1/2023).KOMPAS.com/ADT Menteri Dalam Negeri (Mendagri) terpantau menggunakan mobil listrik mewah Genesis G80 sebagai kendaraan dinas, melintas dari Bogor keluar tol Cililitan pada Selasa (24/1/2023).

"Mobil keluar gerbang tol Cililitan, Jakarta pada pukul 09.04 WIB. RI 20 jalan bersama rombongan Presiden dari arah Bogor," kata tim Kompas.com yang merekam kejadian itu, Selasa.

"Rombongan RI 1 keluar tol Cawang, RI 20 keluar tol Cililitan dikawan motor patwal 1. Di antara rombongan, hanya ada 1 mobil listrik yaitu Genesis G80 yang dipakai RI 20," lanjut keterangan tersebut.

Apabila demikian, maka teka-teki atas 131 unit Genesis G80, yang mencangkup 44 unit unit model Special Edition Long-Wheelbase bekas KTT G20 terjawab sudah. Tapi hingga berita diterbitkan, pihak HMID belum memberikan informasi apa-apa saat dikonfirmasi.

Sebelumnya, Hyundai Indonesia belum menentukan nasib Genesis G80 setelah dipakai sejumlah kepala negara pada ajang G20, yang diberlangsung 15-16 November 2022 lalu.

Baca juga: Pajak Kendaraan Mati Saat Libur Imlek, Ada Dispensasi Hari Ini

Genesis G80 yang digunakan oleh Presiden Afrika Selatan pada KTT G20 di BaliDok. YouTube Sekretariat Presiden Genesis G80 yang digunakan oleh Presiden Afrika Selatan pada KTT G20 di Bali

Pihak HMID, hanya memamerkannya ke khalayak ramai di Ashta District 8 SCBD selama 23-27 November 2022 guna melihat antusiasme positif dari masyarakat Indonesia atas kendaraan resmi yang sudah dipakai KTT G20.

"Saat ini belum ada (keputusan), masih di keep sendiri," kata Head of Marketing HMID, Astrid A Wijaya saat ditemui Kompas.com saat itu.

Adapun saat perhelatan KTT G20, HMID mengeluarkan 44 unit Genesis Electrified G80 Special Edition Long-Wheelbase yang digunakan sebagai kendaraan Kepala Negara.

Baca juga: Insentif Kendaraan Listrik Jangan Fokus ke Pulau Jawa

Genesis G20 untuk KTT G20KOMPAS.com/Ruly Kurniawan Genesis G20 untuk KTT G20

Lalu, ada juga 87 unit Genesis Electrified G80 Regular Model Standard-Wheelbase dan 262 unit Hyundai Ioniq 5 digunakan untuk keperluan lain seperti kendaraan untuk pasangan dari Kepala Negara, rombongan delegasi, protokol, keamanan, dan tim penyelamat.

Kendaraan listrik mewah ini, dapat mencapai kecepatan maksimum 225 kpj dengan jarak tempuh hingga 500 kilometer dalam sekali pengisian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com