Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Spesifikasi Mobil Listrik Genesis G80 yang Dipakai RI 20

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil listrik mewah Genesis G80 yang dibawa oleh PT Hyundai Motors Indonesia terpantau mulai digunakan oleh Kementerian RI sebagai kendaraan dinas.

Hal ini, terbukti dari cuplikan foto dan video yang ditangkap redaksi Kompas.com yang mana menunjukkan bahwa terdapat Genesis G80 dengan pelat nomor RI 20 melintas di ruas tol Jagorawi dari arah Bogor ke Jakarta.

Diketahui, pelat nomor khusus RI 20 merupakan Menteri Dalam Negeri (Mendagri). Mobil berjalan dengan pengawalan berupa satu unit motor patwal.

"Mobil keluar gerbang tol Cililitan, Jakarta pada pukul 09.04 WIB. RI 20 jalan bersama rombongan Presiden dari arah Bogor," kata tim Kompas.com yang merekam kejadian itu, Selasa (24/1/2023).

"Rombongan RI 1 keluar tol Cawang, RI 20 keluar tol Cililitan dikawan motor patwal 1. Di antara rombongan, hanya ada 1 mobil listrik yaitu Genesis G80 yang dipakai RI 20," lanjut keterangan tersebut.

Besar kemungkinan, sedan listrik tersebut merupakan bekas kendaraan kepala negara yang dibawa khusus Hyundai Indonesia untuk gelaran Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 15-16 November 2022 lalu.

Sebab sampai Desember 2022, tercatat hanya ada 134 unit Genesis G80 yang dikirimkan ke Indonesia. Jumlah tersebut, sesuai dengan pengadaan Hyundai untuk mendukung KTT G20 yang mencangkup 44 unit unit model Special Edition Long-Wheelbase dan sisanya edisi standar.

Di atas kertas, Genesis G80 punya dimensi dengan spesifikasi panjang 5.005 mm, lebar 1.925 mm, tinggi 1.475 mm, dan wheelbase di angka 3.010 mm.

Sedan sepanjang 5 meter tersebut dibekali dengan penggerak dual motor di roda depan dan belakang. Masing-masing motor dapat mengeluarkan tenaga 182 hp dengan torsi maksimum 350 Nm.

Jika ditotal, seluruh roda mampu mengeluarkan tenaga hingga 364 hp dengan torsi maksimum 700 Nm. Sementara baterai yang digunakan memakai Lithium-ion berkapasitas 87,2 kWh.

Lalu di bagian powertrain menggunakan drive mode selector yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Sembari digunakan, mobil juga bisa memanfaatkan energi pengereman untuk dikonversi menjadi cadangan daya lewat fitur regenerative braking system.

Adapun sajian mewah yang disediakan di mobil, terdapat pada bagian eksterior dan juga interiornya. Misal, ada konektivitas seperti valet mode, music streaming, over the air update. Telinga pun juga dimanjakan lewat adanya 17 speaker Lexicon yang tersebar di seluruh area kabin.

Kemudian joknya juga memiliki fitur memory seat, ventilasi jok untuk pemanas dan hawa dingin AC, serta walk-in device atau jok akan mundur secara otomatis ketika penumpang hendak turun dari mobil.

Khusus pada edisi spesial, panjang mobil dilebihkan 217 mm. Lalu di beberapa bagian interiornya ada penambahan logo KTT G20 yang diembos dan bordir secara khusus.

Bagian dimaksud ada pada karpet dan bantal yang dijadikan aksesori tambahan. Lantas pada bagian eksterior, logo serupa diberikan di pilar B atau tengah.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/01/24/110314315/ini-spesifikasi-mobil-listrik-genesis-g80-yang-dipakai-ri-20

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke