Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arus Lalin Padat, Ganjil Genap dan One Way di Puncak Bogor Berlaku Sampai Besok

Kompas.com - 22/01/2023, 15:26 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Polres Bogor akan memberlakukan sejumlah rekayasa lalu lintas berupa ganjil genap dan one way di kawasan Puncak, Bogor hingga, Senin (23/1/2023) besok karena arus lalu lintas akhir pekan ini terpantau padat.

Mengingat pada Jumat (20/1//2023) sampai Senin mendatang, menjadi hari libur dan cuti bersama Hari Raya Imlek 2023. Terjadi lonjakkan arus lalu lintas yang akhirnya membuat petugas di lapangan melakukan rekayasa untuk mengurainya.

"Untuk hari ini, terdapat peningkatan arus lalu lintas yang berkunjung ke kawasan wisata Puncak Bogor, di mana tadi pukul 07.30 WIB kita lakukan one way ke arah atas, menarik arus masuk kendaraan," kata Kasat Lantas Polres Bogor AKP Dicky Anggi Pranata dalam keterangannya, Minggu (22/1/2023).

Baca juga: Angkutan Umum Akan Diperbanyak di Wilayah Perkotaan

Situasi arus lalu lintas jelang penutupan Jalur Puncak Bogor, Jawa Barat, Sabtu (31/12/2022).KOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN Situasi arus lalu lintas jelang penutupan Jalur Puncak Bogor, Jawa Barat, Sabtu (31/12/2022).

"Sampai dengan saat ini masih berlangsung, arus yang masuk cukup ramai," lanjut dia.

Secara rinci, ia mengatakan bahwa kendaraan yang masuk ke kawasan Puncak Bogor di akhir pekan kali ini mengalami kenaikan 18 persen dibanding hari Sabtu kemarin. Lalu jika dibandingkan akhir pekan biasa, bukan libur panjang, naik 22-25 persen.

Sebagai informasi, dilaporkan peningkatan arus ini tidak hanya terjadi pada satu jalur saja tetapi dua lapis dari arah tol ke arah Puncak.

Arus kendaraan yang masuk sendiri, kata lanjut Dicky, terbagi sejak hari Jumat, di mana sudah banyak masyarakat yang datang ke Puncak dan menginap. Lalu ditambah pada Sabtu kemarin dan hari ini, diprediksi jadi puncak arus masuk.

Baca juga: Seberapa Siap Pansela Dijadikan Jalur Alternatif Mudik Tahun Ini?

Situasi arus kendaraan di Jalan Raya Puncak Bogor, Jawa Barat, terpantau macet jelang libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru), Jumat (23/12/2022).KOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN Situasi arus kendaraan di Jalan Raya Puncak Bogor, Jawa Barat, terpantau macet jelang libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru), Jumat (23/12/2022).

"Oleh karena itu kita antisipasi betul arus baliknya juga. Arus balik mulai hari ini nanti kita lihat situasi bagaimana. Kalau kita perlu oneway arah Jakarta kita laksanakan, kita akan laksanakan one way," ujar dia.

Sedangkan terkait ganjil genap, masih diterapkan untuk menyaring kendaraan masuk. Jadi apabila ada kendaraan yang pelat nomornya tidak sesuai tanggal bakal diputar balik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.