Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/01/2023, 11:21 WIB
|

KLATEN, KOMPAS.com - Pelek mobil memang menjadi komponen yang kerap diperhatikan oleh sebagian masyarakat. Bahkan tidak sedikit mobil yang melakukan penggantian pelek standar dengan modifikasi untuk meningkatkan penampilan mobil.

Sehingga wajar saja bila sebagian masyarakat selalu memperhatikan kebersihan pelek. Mulai dengan kerap mencucinya, hingga menghindari jalan yang kotor.

Hanya saja terkadang meski mobil tidak melewati jalanan yang becek atau berdebu, pelek mobil tetap saja mudah kotor. Apakah ini pertanda ada masalah pada sistem rem mobil?

Baca juga: Seperti Apa Karakter Pelek Mobil yang Bagus?

 

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi, mengatakan pelek memang mudah kotor bila mobil melaju terutama ketika rem aktif, bukan pertanda ada masalah.

“Hal itu (pelek mudah kotor) wajar karena pemakaian, kotoran tersebut berasal dari kampas rem ketika bekerja,” ucap Didi kepada Kompas.com, Minggu (15/1/2023).

Dia mengatakan kampas rem yang bergesekan dengan rotor disc akan menyisakan debu dan menempel di pelek.

Baca juga: Mengenal Pitch Circle Diameter pada Pelek Mobil

Pelek Toyota Hilux FaceliftKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Pelek Toyota Hilux Facelift

Hal serupa juga disampaikan oleh Foreman Nissan Bintaro Ibrohim. Dia mengatakan beberapa bahan kampas rem memang akan menghasilkan debu hitam yang menempel di pelek.

“Beberapa kampas rem memang menghasilkan debu hitam yang menempel di pelek, biasanya kampas rem yang berbahan lebih empuk akan lebih banyak menghasilkan debu,” ucap Ibrohim kepada Kompas.com, Minggu (15/1/2023).

Dia mengatakan ada beberapa jenis kampas rem yang didesain lebih empuk dengan tujuan tertentu.

Baca juga: Jangan Sampai Salah, Begini Tips Beli Pelek Bekas untuk Mobil

Pelek LexusDoc Carscoops Pelek Lexus

“Komposisi kampas rem merupakan campuran beberapa bahan, ada yang berbahan empuk dan keras, kalau yang empuk itu umumnya akan mudah habis, tapi tidak akan membahayakan rotor disc, sedangkan efek sampingnya debu yang dihasilkan lebih banyak,” ucap Ibrohim.

Jadi, penyebab pelek mobil cepat kotor adalah debu dari sisa kampas rem ketika bekerja, dan itu merupakan hal yang wajar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.