Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/01/2023, 12:42 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com - Pitch Circle Diameter (PCD) bukan lagi menjadi hal yang asing bagi pecinta pelek mobil modifikasi. Karena kata-kata itu sering disebut setiap kali ingin memodifikasi pelek mobil.

Namun, bagi pemilik mobil yang biasa menggunakan pelek standar bawaan pabrik, maka bisa jadi tidak begitu mengenal apa itu PCD. Padahal setiap hari mungkin saja melihat PCD yang dimaksud pada mobil yang dimiliki.

Lantas, apa sebenarnya Pitch Circle Diameter atau lebih dikenal dengan PCD?

Baca juga: Sebelum Ganti Pelek Mobil, Pahami Dulu Ukuran PCD

Pelek mobilDoc Ottoban Pelek mobil

Pemilik Mohammad Toha Racing Bandung Galih, mengatakan PCD merupakan salah satu ukuran yang ada pada pelek.

“PCD adalah singkatan Pitch Circle Diameter, artinya kurang lebih adalah diameter lingkar yang dilalui masing-masing lubang baut yang ada di pelek, jadi PCD merupakan salah satu ukuran pelek,” ucap Galih kepada Kompas.com, Jumat (13/1/2023).

Dia mengatakan bila PCD pada suatu pelek tidak sama, maka pelek tidak akan bisa dipasang pada mobil atau kurang presisi.

Baca juga: Memahami Istilah PCD dan Offset pada Pelek Mobil

BMW Group akan bikin pelek dari material aluminium dengan teknologi yang ramah lingkunganDok. Carbuzz.com BMW Group akan bikin pelek dari material aluminium dengan teknologi yang ramah lingkungan

“Untuk ukuran PCD sendiri terdiri dari dua ukuran, yaitu jumlah lubang baut dan jarak diameternya, misal 4x100 itu artinya ada 4 lubang baut dan jarak antar lubang baut yang berseberangan 100 mm,” ucap Galih.

Dia mengatakan angka 100 tersebut merupakan diameter lingkaran yang dilalui oleh semua lubang baut dengan pengukuran dari titik tengahnya.

“Untuk mengukur PCD sebenarnya susah-susah gampang, gampang bila jumlah bautnya genap, bisa mengukur dari titik tengah lubang baut dengan titik tengah lubang baut yang berseberangan,” ucap Galih.

Baca juga: Hati-hati Mengubah PCD Pelek

Tren modifikasi pelek 2022JF Luxury Tren modifikasi pelek 2022

Dia mengatakan bila jumlah lubang bautnya 5, maka pengukurannya tidak bisa dengan mengukur dari titik yang sama.

“Untuk jumlah lubang baut 5 pengukurannya bisa dengan mengukur dari salah satu titik tengah lubang baut dengan titik terluar lubang baut terjauh yang berseberangan, angka tersebut akan menunjukkan diameter lingkaran yang dilalui semua lubang baut atau PCD,” ucap Galih.

Jadi, PCD adalah kombinasi dua ukuran pelek yang memadukan jumlah lubang baut pada suatu pelek dengan diameter lingkaran yang dilalui semua lubang baut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.