Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Pitch Circle Diameter pada Pelek Mobil

Kompas.com - 14/01/2023, 12:42 WIB
Erwin Setiawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Pitch Circle Diameter (PCD) bukan lagi menjadi hal yang asing bagi pecinta pelek mobil modifikasi. Karena kata-kata itu sering disebut setiap kali ingin memodifikasi pelek mobil.

Namun, bagi pemilik mobil yang biasa menggunakan pelek standar bawaan pabrik, maka bisa jadi tidak begitu mengenal apa itu PCD. Padahal setiap hari mungkin saja melihat PCD yang dimaksud pada mobil yang dimiliki.

Lantas, apa sebenarnya Pitch Circle Diameter atau lebih dikenal dengan PCD?

Baca juga: Sebelum Ganti Pelek Mobil, Pahami Dulu Ukuran PCD

Pelek mobilDoc Ottoban Pelek mobil

Pemilik Mohammad Toha Racing Bandung Galih, mengatakan PCD merupakan salah satu ukuran yang ada pada pelek.

“PCD adalah singkatan Pitch Circle Diameter, artinya kurang lebih adalah diameter lingkar yang dilalui masing-masing lubang baut yang ada di pelek, jadi PCD merupakan salah satu ukuran pelek,” ucap Galih kepada Kompas.com, Jumat (13/1/2023).

Dia mengatakan bila PCD pada suatu pelek tidak sama, maka pelek tidak akan bisa dipasang pada mobil atau kurang presisi.

Baca juga: Memahami Istilah PCD dan Offset pada Pelek Mobil

BMW Group akan bikin pelek dari material aluminium dengan teknologi yang ramah lingkunganDok. Carbuzz.com BMW Group akan bikin pelek dari material aluminium dengan teknologi yang ramah lingkungan

“Untuk ukuran PCD sendiri terdiri dari dua ukuran, yaitu jumlah lubang baut dan jarak diameternya, misal 4x100 itu artinya ada 4 lubang baut dan jarak antar lubang baut yang berseberangan 100 mm,” ucap Galih.

Dia mengatakan angka 100 tersebut merupakan diameter lingkaran yang dilalui oleh semua lubang baut dengan pengukuran dari titik tengahnya.

“Untuk mengukur PCD sebenarnya susah-susah gampang, gampang bila jumlah bautnya genap, bisa mengukur dari titik tengah lubang baut dengan titik tengah lubang baut yang berseberangan,” ucap Galih.

Baca juga: Hati-hati Mengubah PCD Pelek

Tren modifikasi pelek 2022JF Luxury Tren modifikasi pelek 2022

Dia mengatakan bila jumlah lubang bautnya 5, maka pengukurannya tidak bisa dengan mengukur dari titik yang sama.

“Untuk jumlah lubang baut 5 pengukurannya bisa dengan mengukur dari salah satu titik tengah lubang baut dengan titik terluar lubang baut terjauh yang berseberangan, angka tersebut akan menunjukkan diameter lingkaran yang dilalui semua lubang baut atau PCD,” ucap Galih.

Jadi, PCD adalah kombinasi dua ukuran pelek yang memadukan jumlah lubang baut pada suatu pelek dengan diameter lingkaran yang dilalui semua lubang baut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com