Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seperti Apa Karakter Pelek Mobil yang Bagus?

Kompas.com - 14/01/2023, 13:02 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Pelek mobil memang bukan lagi menjadi komponen yang asing bagi pengendara. Pasalnya, pelek kerap menjadi komponen yang dimodifikasi guna mempercantik tampilan mobil.

Pelek dengan berbagai desain tersedia di pasaran. Ada yang harganya murah, hingga yang tidak masuk akal karena pelek tersebut bermerk serta memiliki kualitas yang tinggi.

Lantas, sebenarnya seperti apa karakter pelek mobil yang bagus?

Baca juga: Prediksi Tren Modifikasi Pelek Mobil di 2023

Pelek LexusDoc Carscoops Pelek Lexus

Pemilik Mohammad Toha Racing Bandung Galih, mengatakan pelek sebenarnya memiliki karakter dasar yang cukup penting sebagai patokan kualitas selain desain dan merek.

“Terlepas dari merek dan desain, kualitas pelek bisa dibedakan menjadi 2 kategori, yaitu bobot pelek dan kelenturan pelek, yang paling bagus itu yang bobotnya ringan serta memiliki kelenturan yang ulet,” ucap Galih kepada Kompas.com, Senin (9/1/2023).

Dia mengatakan pelek yang bagus memiliki bobot yang ringan sehingga tidak menjadikan pelek sebagai beban kendaraan.

Baca juga: Jangan Sampai Salah, Begini Tips Beli Pelek Bekas untuk Mobil

Mitsubishi New Xpander Cross mengusung pelek 17 inci dengan ban Bridgestone Ecopia ukuran 205/55.KOMPAS.com/SENDY Mitsubishi New Xpander Cross mengusung pelek 17 inci dengan ban Bridgestone Ecopia ukuran 205/55.

“Pelek yang bagus biasanya bobotnya ringan, umumnya menggunakan bahan dasar aluminium, harganya juga lumayan mahal untuk pelek yang ringan, tapi beberapa pelek biasanya dari bahan dasar campuran, sehingga kualitas pelek menengah,” ucap Galih.

Dia mengatakan selain ringan, pelek yang bagus harus memiliki tingkat kelenteruna yang cukup bagus untuk mengantisipasi benturan dari permukaan jalan.

“Ada pelek yang tingkat kelenturannya itu rendah, jadi pelek ini mungkin ringan bobotnya tapi mudah patah bila terkena benturan, ini kurang bagus,” ucap Galih.

Jadi, menurut Galih syarat pelek dikatakan berkualitas tinggi adalah ringan dan lentur sehingga tahan terhadap benturan serta tidak membebani kendaraan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com