Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitos atau Fakta Kaca Mobil Rawan Pecah Tanpa Kaca Film?

Kompas.com - 12/01/2023, 11:12 WIB

SEMARANG,KOMPAS.com - Kaca film mobil banyak digunakan sebagai perlindungan kabin dari bahaya sinar matahari. Lapisan kaca film juga bisa menambah privasi seseorang saat berada di dalam mobil. 

Daya tolak panas kaca film yang baik mampu mempercepat pendinginan suhu udara dari AC terutama di siang hari.

Tapi, ada pembahasan di kalangan pemilik mobil, yaitu tanpa dilapisi kaca film, kaca mobil bisa lebih mudah pecah sewaktu-waktu akibat faktor cuaca. Apakah ini mitos atau fakta? 

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia, mengatakan, kaca film yang aman adalah tidak terlihat gelap dari bagian kabin, tetapi juga melindungi dari hal-hal yang tak di duga, bisa dibilang faktor privasi. 

"Privasi seseorang yang lebih diprioritaskan, risiko kejahatan makin besar jika kaca film terlalu terang. Barang-barang berharga apapun kan itu malah mengundang niat orang-orang berbuat kejahatan," ucap Sony. 

Baca juga: Suzuki Siapkan Mobil Listrik Berbasis eVX, Punya Jarak Tempuh 550 Km

Menanggapi kasus kaca pecah dikarenakan suhu udara kabin, Rheza Pramudita Pemilik Reza Kaca Film Semarang mengatakan, sinar matahari langsung memang sifatnya merusak. Komponen pada kabin juga terkadang dibuat dari bahan yang sensitif. 

Kaca film V-Kool V-Kool Kaca film V-Kool

"Warna interior bisa pudar karena sering terkena panas. Ledakan terjadi biasanya ada bahan-bahan mudah terbakar, seperti parfum spray yang disimpan di mobil berhari-hari," ucap Rheza. 

Kaca film yang berkualitas, fungsi utamanya juga sebagai penangkal panas matahari secara langsung. Maka dari itu, Rheza menyebut, suhu udara di dalam kabin tetap stabil, walaupun mobil parkir di tempat terbuka. 

"Udara panas kan sirkulasi AC juga butuh waktu yang lebih lama. Kaca film dijadikan untuk menolak suhu udara panas, prosesnya, terik sinar matahari seperti terserap dan di arahkan memantul, sebelum masuk ke dalam kabin," terangnya. 

Baca juga: Ketahui Bahaya Main Ponsel Sambil Mengemudi

Hal tersebut, kata Rheza, sering disalah artikan sebagai kaca film yang makin gelap, berarti juga risiko apapun tentunya akan menjadi lebih aman. Padahal, itu relatif dan tergantung diambil dari sudut pandang faktor kenyamanan atau privasi. 

Kaca film Mazda V-Kool Kaca film Mazda

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.