Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Siapkan Mobil Listrik Berbasis eVX, Punya Jarak Tempuh 550 Km

Kompas.com - 12/01/2023, 07:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Suzuki nampaknya mulai serius menghadapi era mobil listrik. Hal ini dibuktikan dengan memamerkan mobil listrik konsep eVX di Auto Expo 2023, yang diadakan di New Delhi, India.

Bahkan, perusahaan otomotif asal Jepang itu menjadwalkan versi produksi mobil ini akan diperkenalkan ke pasar pada 2025.

“Saya senang memperkenalkan eVX, EV strategis global pertama kami. Ini kemungkinan berarti versi produksi yang diharapkan pada tahun 2025, akan ditawarkan di pasar Eropa dan Asia,” ucap Toshihiro Suzuki, President Suzuki Motor Corporation, dikutip dari Carscoops, Rabu (11/1/2023).

Baca juga: Deretan Mobil Modifikasi Mitsubishi di Tokyo Auto Salon 2023

Suzuki mengungkapkan eVX bakal dibekali dengan baterai berkapasitas 60 kWh, yang diklaim mampu menghasilkan jarak tempuh sejauh 550 km.

Mobil listrik konsep Suzuki ini memiliki ukuran panjang 4.300 mm, lebar 1.800 mm, dan tinggi 1.600 mm. Dengan kata lain, mobil ini memiliki dimensi panjang yang persis seperti SX4 S-Cross bensin atau 125 mm lebih panjang dari Vitara.

Mobil konsep Suzuki eVXDoc Carscoops Mobil konsep Suzuki eVX

Jika dilihat secara desain, eVX terlihat jauh lebih modern dibandingkan line up kendaraan Suzuki saat ini. Pada bagian depan disematkan lampu LED berbentuk V yang terhubung dengan gril transparan yang tertutup penuh, lengkap dengan emblem Suzuki.

Kemudian pada bagian bumper depan terlihat selipan untuk meletakan pelat nomor kendaraan, dikelilingi oleh kelongsong dengan material plastik berwarna hitam.

Dibagian samping, atap dan pilar A sengaja di cat hitam dipadukan dengan warna hijau dan aksen krom di bagian bawah body. Ditambah gagang pintu yang dibuat invisible mempertegas tampilan masa depan mobil listrik konsep dari Suzuki ini.

Mobil konsep Suzuki eVXDoc Carscoops Mobil konsep Suzuki eVX

Over fender yang cukup besar dibuat kotak untuk menonjolkan pelek yang terlihat begitu futuristis.

Baca juga: Cara Hitung Jarak Aman 2 Detik Saat Naik Motor

Sementara pada bagian buritan, terlihat desain lampu belakang LED yang lebar dan memanjang serta dibekali dengan grafik 3D. Ada juga spoiler belakang berukuran besar dan skid plate lengkap dengan lampu rem ala F1.

Sayangnya, tidak ada bocoran foto pada bagian interior.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com