Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/12/2022, 10:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Peugeot 2008 menjadi salah satu jagoan Peugeot di segmen sport utility vehicle (SUV) kompak. Apalagi mobil ini sudah dibekali dengan desain yang modern dengan berbagai fitur canggih di kelasnya.

Secara spesifik, Peugeot 2008 dibekali dengan mesin 1.200 cc Turbo Puretech, yang mampu menghasilkan tenaga 130 dk dan torsi 230 Nm. Performa tersebut disalurkan dengan transmisi otomatis 6 percepatan.

Baca juga: Lewati Medan Offroad, YWA Berikan Donasi Pendidikan di Lebak Banten

Redaksi pun diberi kesempatan untuk mengetes Peugeot 2008 selama beberapa hari. Pengujian termasuk menghitung berapa konsumsi bahan bakar dari SUV asal pabrikan Prancis yang dibanderol dengan harga Rp 505 juta ini.

Untuk konsumsi bahan bakar yang diukur, meliputi rute dalam kota. Perhitungan menggunakan MID yang ada di instrument cluster dan diisi dengan bahan bakar RON 92.

Catatan hasil konsumsi BBM Peugeot 2008Kompas.com/Nanda Catatan hasil konsumsi BBM Peugeot 2008

Hasil konsumsi bahan bakar dalam kota, Peugeot 2008 mendapatkan angka 10,5 Kilometer per liter (Kpl). Hasil ini didapat dengan mobil melaju di daerah perkotaan sejauh 61 Km dengan rata-rata kecepatan atau average speed 16 Kpj.

Kondisi jalan yang dilalui didominasi oleh macetnya jalan Ibu Kota pada jam pulang kerja, dengan rute dari Jakarta Barat ke Selatan, lalu lanjut ke Jakarta Timur.

Baca juga: LSUV Bekas Rp 280 Jutaan, Terios-Rush Banyak Jadi Incaran di Semarang

Bisa dibilang, hasil konsumsi BBM tersebut cukup irit. Salah satu hal yang membuat mobil ini hemat bahan bakar bisa jadi karena kapasitas mesin yang tidak terlalu besar yakni hanya 1.200 cc.

Namun tentu saja angka tersebut tidak bisa dijadikan patokan. Mengingat banyak faktor yang memengaruhi masalah konsumsi bahan bakar, mulai dari kondisi jalan, jarak tempuh, gaya berkendara, bahan bakar yang digunakan, kondisi kendaraan, beban barang yang dibawa di kabin, dan sebagainya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.