Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SPK Toyota Kijang Innova Zenix 4.000 Unit, Dominan Varian Hybrid

Kompas.com - 09/12/2022, 07:42 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah dihantam badai pandemi Covid-19 pada awal tahun 2020 lalu, kinerja pasar otomotif perlahan mulai pulih.

Tidak hanya angka penjualan yang terus meningkat, pasar industri otomotif nasional juga menorehkan prestasi dengan semakin berkembangnya pasar kendaraan elektrifikasi di Tanah Air.

Salah satunya dengan kehadiran kendaraan elektrifikasi yang diproduksi secara lokal oleh Toyota Indonesia, yaitu Kijang Innova Zenix dengan teknologI Hybrid EV.

Baca juga: Lewati Medan Offroad, YWA Berikan Donasi Pendidikan di Lebak Banten

Vice President Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Henry Tanoto menjelaskan, sampai akhir November 2022, total penjualan kendaraan roda empat di pasar otomotif nasional sudah mencapai di atas 941.000 unit. Hasil ini meningkat 19,2 persen dibanding periode yang sama tahun 2021 lalu.

Selama periode ini, lanjut Henry, Toyota membukukan penjualan lebih dari 303.000 unit atau meningkat 15,2 persen dan ini membuat market share Toyota di tahun ini menjadi 32,2 persen.

Adapun untuk tiga kontributor terbesar penjualan Toyota tahun ini dipegang oleh Avanza dengan kontribusi 55.576 unit, Rush 41.470 unit, dan Kijang Innova 40.926 unit.

Baca juga: Apakah Benar Innova Zenix Hybrid Bisa Berjalan Tanpa BBM?

Market Share Toyota di 2022 Capai 32,2 Persen?Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) Henry Tanoto (kiri) dan Marketing Director TAM Anton Jimmi Suwandy (kanan) tengah menjelaskan mengenai kinerja Toyota dalam menggerakan pasar otomotif nasional selama 2022 pada acara Toyota Media Gathering bertema ?It?s Time for Everyone? di Jakarta Kamis (8/12). Hingga November 2022, Toyota berhasil membukukan penjualan lebih dari 303 ribu unit atau meningkat sekitar 15.2% dibanding periode yang sama tahun lalu. Hasil positif tersebut membuat market share Toyota di 2022 berada di posisi 32.2%.Toyota Market Share Toyota di 2022 Capai 32,2 Persen?Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) Henry Tanoto (kiri) dan Marketing Director TAM Anton Jimmi Suwandy (kanan) tengah menjelaskan mengenai kinerja Toyota dalam menggerakan pasar otomotif nasional selama 2022 pada acara Toyota Media Gathering bertema ?It?s Time for Everyone? di Jakarta Kamis (8/12). Hingga November 2022, Toyota berhasil membukukan penjualan lebih dari 303 ribu unit atau meningkat sekitar 15.2% dibanding periode yang sama tahun lalu. Hasil positif tersebut membuat market share Toyota di 2022 berada di posisi 32.2%.

“Iklim perekonomian nasional yang menunjang serta antusias pelanggan yang tinggi, memberi dorongan yang kuat bagi Toyota untuk meningkatkan kinerja pelayanan dalam membantu mobilitas masyarakat,” ucap Henry, pada acara Toyota Media Gathering bertema “It's Time for Everyone”, di Jakarta, Kamis (8/12/2022).

Marketing Director TAM Anton Jimmi Suwandy menambahkan, sepanjang 2022 Toyota telah menghadirkan 15 model baru, baik itu model konvensional, Gazoo Racing, dan pilihan kendaraan elektrifikasi.

Pada pasar elektrifikasi, TAM belum lama ini meluncurkan dua kendaraan terbaru, yakni All New Toyota bZ4X yang merupakan Battery EV Toyota pertama dan All New Toyota Kijang Innova Zenix yang merupakan mobil Hybrid EV Toyota pertama yang diproduksi secara lokal.

Baca juga: Sama-sama Hybrid, Innova Zenix Tipe G Lebih Murah dari Wuling Almaz

“Penerimaan masyarakat sangat antusias dan menggembirakan. Bahkan total pesanan atau SPK untuk mobil Hybrid terbaru Toyota yaitu Kijang Innova Zenix sudah mencapai hampir 4.000 unit meski belum sebulan diluncurkan,” ucap Anton.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.