Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/12/2022, 09:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Bus saat ini menjadi salah satu moda transportasi yang bisa diandalkan untuk perjalanan jauh. Apalagi akhir-akhir ini bus sudah semakin nyaman, ditambah kondisi infrastruktur jalan yang juga membaik di Indonesia.

Ketika naik bus dengan jarak yang jauh, ada orang yang mudah merasa mual selama perjalanan. Hal ini bisa terjadi karena beberapa hal, salah satunya adalah menentukan posisi duduk ketika naik bus.

Lalu di mana posisi duduk pada kabin bus yang paling nyaman?

Baca juga: Banyak Maling di Bus AKAP, Ini Cara Aman Hindari Kehilangan Barang

Kabin bus AKAP PO Gunung HartaDOK. ADIPUTRO Kabin bus AKAP PO Gunung Harta

Yulius Jatmiko, Sekjen BisMania Community mengatakan, menurutnya posisi duduk di tengah paling nyaman, terutama untuk bus yang masih pakai per daun.

“Di depan dan belakang terutama yang ada di atas roda itu lebih terasa guncangannya,” ucap Yulius kepada Kompas.com, Kamis (8/12/2022).

Kemudian kalau duduk di belakang lebih mudah merasa mual dibanding posisi lainnya. Hal ini bisa terjadi ketika bus melewati kondisi jalan yang mengayun atau berliku.

Baca juga: Apakah Benar Innova Zenix Hybrid Bisa Berjalan Tanpa BBM?


“Pas jalannya ngayun, itu kan bikin mual, atau bantingan (saat manuver) enggak smooth (halus). Jadi saran saya tetap duduk di tengan (antara roda depan dan belakang),” kata Yulius.

Kalau bus tingkat atau double decker, menurutnya semua posisi nyaman. Hal ini berkat sistem suspensi yang digunakan sudah baik, yakni suspensi udara yang dipastikan lebih nyaman daripada per daun.

“Pun begitu bus biasa yang pakai suspensi udara. Mau duduk di mana pun pasti lebih nyaman (dari per daun), mau depan, tengah, belakang, lebih nyaman,” ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.