Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Optimis Indonesia Jadi Sumber Baterai Kendaraan Listrik Dunia

Kompas.com - 03/12/2022, 16:02 WIB
Dio Dananjaya,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan Indonesia bakal menjadi sumber baterai bagi produsen kendaraan listrik dunia.

Kondisi ini otomatis akan membuat negara-negara lain bakal memiliki ketergantungan dengan Indonesia.

Banyaknya negara yang bergantung dengan Indonesia tak lepas dari sumber daya alam yang tersedia di beberapa lokasi.

Menurut Jokowi, produsen otomotif global akan mengincar baterai buatan Indonesia karena punya material untuk produksi baterai.

Meski begitu, Indonesia tidak memiliki litium, namun Jokowi mengatakan, material tersebut bisa dibeli dari Australia.

Baca juga: Tembok Roboh di Bintaro Timpa 4 Mobil, Apa Bisa Ditanggung Asuransi?

Salah satu pekerja di pabrik feronikel Antam di Pomalaa menunjukan feronikel Dok. Humas PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau INALUM Salah satu pekerja di pabrik feronikel Antam di Pomalaa menunjukan feronikel

"Nikel kita kita nomor satu, timah nomor dua, bauksit nomor enam, tembaga nomor tujuh dunia. Punya semuanya,” ujar Jokowi, dalam Kompas 100 CEO Forum Tahun 2022 yang disiarkan Youtube Sekretariat Presiden (2/12/2022).

“Membangun ekosistem EV baterai kita hanya kurang litium, enggak punya. Saya kemarin sudah sampaikan ke Prime Minister Albanese (Perdana Menter Australia), Australi punya litium, kita boleh beli dong dari Australi, terbuka, silakan,” kata dia.

Selain itu, Jokowi juga optimistis pada tahun 2026-2027 akan terlihat lompatan ekonomi. Menurutnya, diperkirakan pada tahun itu produsen otomotif dunia akan berbondong-bondong masuk Indonesia.

Baca juga: Honda Siapkan Motor Listrik Harga Rp 16 Jutaan?

Apalagi dari prediksinya juga, lebih dari 50 persen demand yang ada di pasar bakal digantikan dengan mobil listrik dan motor listrik.

"Begitu ini jadi, saya kemarin hitung-hitungan, saya hitung, 60 persen mobil listrik, kendaraan listrik akan tergantung kepada EV baterai kita, 60 persen dari pangsa pasar yang ada di dunia. Inilah kekuatan besar kita nanti," ucap Jokowi.

Baca juga: Mobil Listrik Bukan Solusi Tunggal Menuju Netralitas Karbon

BMW i7 dilengkapi dengan baterai dan motor listrik dengan daya jelajah hingga 600kmkompas.com - AFH BMW i7 dilengkapi dengan baterai dan motor listrik dengan daya jelajah hingga 600km

"Begitu ini jadi, saya sampaikan kepada Menko Marinves, kepada Menteri Investasi, tidak usah ke mana-mana mau marketing soal investasi. Mereka yang akan datang ke kita. Percaya saya. Mereka yang akan datang ke kita, untuk mencari, untuk beli, baterai EV kita,” tutur dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com