Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

All New bZ4X Lengkapi Produk Ramah Lingkungan Toyota di Indonesia

Kompas.com - 03/12/2022, 15:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebelum kelahiran All New Kijang Innova Zenix Hybrid, Toyota Indonesia lebih dulu meluncurkan All New bZ4X. Debut mobil listrik murni berbasis baterai ini pun langsung diawali sebagai kendaraan official presidensi G20.

Total ada 41 unit bZ4X yang dibawa Toyota untuk meramaikan dan menyukseskan gelaran KTT G20, sebagai mobil operasional para delegasi dari berbagai negara yang hadir di Bali.

All New bZ4X merupakan Battery Electric Vehicle (BEV) yang diproduksi secara massal pertama oleh Toyota. Kehadiran mobil dengan desain futuristik ini melengkapi jajaran produk elektrifikasi yang sebelumnya sudah dimiliki Toyota Astra Motor (TAM) di Indonesia.

Susumu Matsuda, President Director PT TAM mengatakan, bZ4X dihadirkan sebagai realisasi Toyota untuk memberikan solusi mobilitas ramah lingkungan yang lengkap bagi kebutuhan masyarakat, sekaligus mendukung strategi pemerintah Indonesia untuk mencapai net zero emission pada 2060.

Baca juga: Toyota Bikin Sejarah Baru Lewat All New Kijang Innova Zenix Hybrid EV

Mobil listrik Toyota bZ4XKompas.com Mobil listrik Toyota bZ4X

"Sejalan dengan komitmen Mobility for All, kami melengkapi pilihan teknologi elektrifikasi yang sudah ada dengan All New bZ4X sebagai produk Battery EV Toyota pertama yang dipasarkan untuk pelanggan di Indonesia," ujar Matsuda dalam seremoni peluncurannya di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Beda dengan mobil elektrifikasi Toyota sebelumnya, bZ4X dibandung menggunakan platform e-TNGA yang merupakan bagian dari Toyota New Global Architecture, namun mendapat optimalisasi dan didedikasikan khusus untuk BEV.

Kelebihannya dari platform e-TNGA pada All New bZ4X adalah unit baterai yang lebih ramping dan terletak di bawah lantai kendaraan sebagai bagian integral dan sasis.

 

Dengan demikian, bisa memberikan pusat gravitasi yang lebih rendah dan menghasilkan keseimbangan ideal antara bobot depan dan belakang, serta rigidity bodi yang tinggi.

Baca juga: Inden Mobil Listrik Toyota bZ4X Tembus 6 Bulan

Toyota bZ4XKompas.com Toyota bZ4X

Dengan platform e-TNGA, secara dimensi bZ4X memiliki wheelbase 2.850 mm yang hasilnya membuat kabin lebih nyaman dan lapang, apalagi lantai dibuat datar. Sementara untuk dimensi, panjang 4.690 mm, lebar 1.860 mm, tinggi, 1.600 mm, dan berat hanya 2.195 kg.

All New bZ4X menggunakan baterai lithium-ion 335 Volt dengan kapasitas 71,4 kWh. Dalam kondisi terisi penuh, baterai ini mampu membawa bZ4X menjelajah hingga 500 kilometer (km) tanpa mengeluarkan atau menghasilkan emisi.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.