Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tembok Roboh di Bintaro Timpa 4 Mobil, Apa Bisa Ditanggung Asuransi?

Kompas.com - 03/12/2022, 07:22 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Tanah longsor dan tembok roboh terjadi di salah satu bank swasta di kawasan Bintaro Sektor 9, Pondok Aren, Tangerang Selatan. Kejadian ini menyebabkan beberapa mobil terkena dampak dan mengalami kerusakan.

Kapolsek Pondok Aren, Kompol Endy Mahandika mengatakan, peristiwa itu terjadi pada Rabu (30/11/2022) sekitar pukul 16.40 WIB.

"Kejadian saat hujan lebat sekitar pukul 16.40 WIB. Hujan 16.00 WIB dan sekitar 40 menit setelah hujan deras kejadiannya. Korban tidak ada. Empat mobil itu saja yang tertimpa tembok," ujar Endy, disitat dari Kompas Megapolitan (2/12/2022).

Baca juga: Ini Keunggulan Mobil Penggerak Roda Depan

@meganaaqibmunib74

#bencanaalam #bintaro #fyp #fyp? #fypage

? suara asli - Megan AaqibMunib

Endy memastikan, ada empat mobil tertimpa tembok yang roboh tersebut. Sebelumnya, keempat mobil itu sedang terparkir di sisi tembok tersebut. Keempat mobil itu adalah Honda Fred, Honda Brio, serta dua Mitsubishi Pajero Sport.

Dengan kerusakan yang cukup parah, bila mobil tersebut sudah mendapatkan asuransi, apakah pemiliknya bisa melakukan klaim?

“Pada dasarnya asuransi berprinsip pada proximity cause, penyebab utamanya apa. Kalau memang tiba-tiba ambruk karena ketabrak, enggak perlu perluasan jaminan,” ujar Laurentius Iwan Pranoto, Head of Communication & Customer Service Management Asuransi Astra, kepada Kompas.com (2/12/2022).

Baca juga: Update Harga BBM Pertamina, Shell, Vivo, dan BP per Desember 2022

Sebagai informasi, terdapat dua jenis pertanggungan yang bisa dipilih untuk melindungi kendaraan, yaitu Comprehensive dan Total Loss Only (TLO).

Asuransi Comprehensive adalah perlindungan asuransi yang menjamin kerugian atau kerusakan sebagian seperti tergores dan penyok yang diakibatkan oleh risiko yang dijamin di dalam polis.

Sementara TLO adalah kerugian total akibat risiko yang dijamin dalam polis hingga kehilangan kendaran.

Baca juga: Toyota Ingin Diskon PPnBM Kembali Bergulir Tahun Depan

Asuransi mobilutah778 Asuransi mobil

Adapun, sejumlah risiko yang dijamin adalah tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir, perbuatan jahat, hingga kebakaran.

“Kalau case di atas, asumsinya karena curah hujan tinggi, kena banjir dan lain-lain, lalu ambruk. Jadi masuk bencana alam, perlu perluasan jaminan,” ucap Iwan.

Artinya, apabila mobil hanya dilindungi dengan asuransi Comprehensive atau TLO saja, maka kerusakan karena tertimpa tembok roboh itu tidak bisa ditanggung.

Kecuali jika sebelumnya pemilik sudah melakukan perluasan untuk bencana alam, maka asuransi dapat mengganti kerusakan mobil tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.