41 Unit Bus Listrik Digunakan Selama KTT G20, 30 Buatan Indonesia

Kompas.com - 14/11/2022, 16:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada gelaran Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali, tersedia berbagai moda tranportasi yang bebas emisi, salah satunya adalah bus listrik.

Pemerintah Indonesia menyediakan bus tersebut untuk mobilisasi ribuan orang yang jadi peserta KTT G20 di Bali yang berlangsung tanggal 15-16 November 2022.

Kehadiran bus listrik juga jadi bentuk dukungan percepatan transisi energi. Total ada 41 unit bus listrik yang digunakan selama KTT G20, secara rinci 30 unit disediakan Kementerian Perhubungan RI, dan 11 unit disiapkan beberapa perusahaan.

Baca juga: Wira-wiri di KTT G20, Bus Listrik Merah Putih Resmi Diluncurkan

Bus listrik KTT G20 di BaliBKIP Kemenhub Bus listrik KTT G20 di Bali

Dari 41 unit, 30 unit merupakan Bus Listrik Merah Putih (BLMP) yang diproduksi dengan TKDN 76,98 persen. Selain itu, BLMP merupakan kerja sama pengembangan kendaraan listrik BUMN dan konsorsium perguruan tinggi di Indonesia.

Kerja sama yang dilakukan antara Universitas Airlangga, Universitas Gadjah Mada, Institut Seni Indonesia Denpasar, dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Sedangkan industri yang berkolaborasi dengan 4 kampus di bawah naungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) itu ialah PT. Industri Kereta Api (INKA).

Baca juga: Kebiasaan Buruk Langsung Pindahkan Gigi dari D ke P pada Mobil Matik


Semua bus yang digunakan sudah melewati uji kelaikan jalan di Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB) di Bekasi, Jawa Barat.

Jadwal operasional yang direncanakan untuk bus listrik ini adalah 11-17 November 2022, dengan jam operasional mulai pukul 06.00 WITA sampai dengan 22.00 WITA.

Penggunaan kendaraan listrik sendiri menjadi salah satu bukti komitmen Indonesia dalam mewujudkan transisi energi dari fosil ke energi baru terbarukan (EBT) yang lebih ramah lingkungan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.