Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Jakarta-Tangerang Banjir, Ada Pengalihan Lalu Lintas

Kompas.com - 14/11/2022, 15:24 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Hujan deras yang mengguyur wilayah Tangerang telah menyebabkan banjir di sejumlah titik. Banjir merendam akses jalan Tol Jakarta Tangerang, tepatnya di Tol Bitung KM 26, Kabupaten Tangerang, sejak Minggu, (13/11/2022).

Irra Susiyanti, Marketing and Communication Department Head Jasamarga Metropolitan Tollroad, mengatakan, pihaknya telah menyelesaikan penanganan genangan di Km 24+000 Ruas Tol Jakarta-Tangerang pada 13 November 2022.

“Saat ini Jasamarga Metropolitan Tollroad bersama PT Jasamarga Tollroad Maintenance (JMTM) terus lakukan penanganan genangan di lokasi lain, tepatnya di Simpang Susun (SS) Bitung KM 26,” ujar Irra, dalam keterangan tertulis (14/11/2022).

Baca juga: Presiden China Xi Jinping Pakai Limosin Hongqi N701 buat KTT G20

Jalan Tol Jakarta-Tangerang.Dok. PT Jasamarga Metropolitan Tollroad. Jalan Tol Jakarta-Tangerang.

Menurutnya, hingga saat ini akses keluar Bitung dari Jakarta dan akses masuk Bitung menuju Cikupa masih dilakukan penutupan sementara demi keamanan dan keselamatan pengguna jalan.

“Dikarenakan pada lokasi tersebut masih terdapat genangan dan belum dapat dilintasi kendaraan. Sedangkan akses keluar Bitung dari arah Cikupa dan akses masuk Bitung menuju arah Jakarta beroperasi normal,” ucap Irra.

Irra juga mengatakan, sebagai langkah antisipasi jangka pendek dan panjang, Jasa Marga akan melakukan normalisasi waduk untuk menambah kapasitas tampungan air, peninggian tanggul dan meningkatkan kapasitas gorong-gorong di sekitar lokasi genangan.

Baca juga: Keuntungan Turbo pada Mobil dengan Kapasitas Mesin Kecil

Sebelumnya, Kepala Induk PJR Bitung AKP Suwito, mengatakan, pihaknya melakukan pengalihan arus lalu lintas bagi kendaraan kecil.

“Iya betul, (banjir) di kolong tol tepatnya akses keluar. Karena hujan lebat sejak siang tadi dan kiriman dari kampung Kadu, Curug, Tangerang yang ada di sebelah tol,” ucap Suwito, disitat dari NTMC Polri (13/11/2022)

“Dan saat ini sudah kami tutup, karena banjir merendam akses dengan ketinggian 60 sentimeter,” kata dia.

Sebagai informasi, bagi kendaraan dari Jakarta mengarah ke Tangerang, dialihkan keluar Tol Tangerang atau Karawaci.

Lalu untuk kendaraan yang sudah terlanjur masuk ke akses menuju Tol Bitung, maka akan dialihkan ke Tol Cikupa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com