Persiapan Rifat Sungkar Jelang Balapan AXCR 2022 di Thailand

Kompas.com - 14/11/2022, 15:23 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam waktu dekat ini, Rifat Sungkar akan mewakili Indonesia untuk berlaga dalam Asia Cross Country Rally (AXCR) 2022 di Thailand. Berbagai persiapan pun dilakukan untuk menyelesaikan balap ketahanan reli ini.

Pebalap kebanggaan Indonesia yang baru saja menjadi juara Nasional Rally 2022 ini ingin mendapatkan hasil maksimal. Untuk itu, Rifat sudah mempersiapkan diri, mulai fisiknya hingga mental.

Selain karena lebih bergengsi, reli di AXCR ini akan lebih ekstrem dibandingkan dengan reli di Indonesia. Makanya, Rifat dan timnya mempersiapkan Mitsubishi Triton dengan sebaik-baiknya.

Baca juga: Mitsubishi Indonesia Dukung Rifat Berlaga di AXCR 2022

“Saya masih punya waktu, dari saat pertama kali ditunjuk ikut Asia Cross Country Rally 2022 sampai sekarang, jelas salah satunya adalah persiapan fisik. Nomor dua, banyak komunikasi sama orang-orang yang pernah melakukan hal ini, karena buat saya ini sangat penting,” ujar Rifat, dalam keterangan resminya.

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mendukung Rifat Sungkar berlaga pada Asia Cross Country Rally (AXCR) 2022 di Thailand.Kompas.com/Donny PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mendukung Rifat Sungkar berlaga pada Asia Cross Country Rally (AXCR) 2022 di Thailand.

Berbagi informasi antara Rifat dengan rekan setimnya menjadi kunci penting. Untuk menyelesaikan balap yang dijuluki Paris Dakar mini versi Asia ini, Rifat dan timnya harus mengenal betul mengenai karakter lintasan yang bakal dijalani.

AXCR tidak hanya mengasah kemampuan pereli untuk beraksi di atas lintasan tanah, tetapi permukaan bebatuan serta tanah berlumpur juga harus disantap oleh masing-masing pereli yang berpartisipasi.

Dengan informasi yang ia dapatkan dari beberapa rekan asal Indonesia yang telah mencicipi rally ini sebelumnya, dia menyimpulkan bahwa strategi yang diterapkan tidak bisa selamanya tampil menekan.

“Kita tidak bisa mengeluarkan jurus attack terus, karena nanti bakalan bisa berantakan. Faktor pendukung lainnya adalah, saya beruntung sekali punya navigator yang pengalaman, karena itu adalah kunci utama dari semuanya,” kata Rifat Sungkar.

Baca juga: Rifat Sungkar Geber Mitsubishi Triton di Reli AXCR

Untuk menyelesaikan balapan sepanjang 1.700 kilometer, kerjasama antara dirinya dengan co-driver tentu harus sejalan bersama. Rifat juga harus percaya dengan rekan kerjanya selama berada di dalam Mitsubishi Triton Ralliart.

Mitsubishi Triton Ralliart yang akan digunakan Rifat Sungkar pada Asia Cross Country Rally (AXCR) 2022 di ThailandDok. MMKSI Mitsubishi Triton Ralliart yang akan digunakan Rifat Sungkar pada Asia Cross Country Rally (AXCR) 2022 di Thailand

Menurutnya, kehadiran Mr. Pong ini akan menjadi keunggulan baginya lantaran co-driver yang dipasangkan dengannya adalah salah satu yang terbaik di Thailand. Selain itu, Mr. Pong juga disebut sudah memiliki jam terbang yang tinggi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.