Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/11/2022, 12:42 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) baru saja meluncurkan mobil listrik murni pertamanya yakni Toyota bZ4X di Indonesia.

SUV listrik Toyota ini dibanderol Rp 1,190 miliar. Banderol harga tersebut memang cukup mahal, pasalnya mobil ini didatangkan secara utuh dari negara asalnya, Jepang alias Completely Build Up (CBU).

Pada saat peluncurannya, TAM pun mendapat pertanyaan soal produksi lokal bZ4X ketimbang harus impor langsung dari Jepang. Pasalnya, dalam waktu dekat Toyota bakal meluncurkan produk lokal hybrid di Indonesia.

Baca juga: TAM Pastikan Bakal Jual Toyota bZ4X Bekas Operasional KTT G20

Sehingga tak menutup kemungkinan kendaraan listrik murni ini juga bakal di produksi di Tanah Air agar harga jualnya menjadi lebih murah.

“Kalau bicara kemungkinan pastinya kita berharap, tapi ini kan butuh banyak visibilitas, volumenya berapa marketnya seberapa besar,” ucap Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM), di sela-sela peluncuran bZ4X, Kamis (10/11/2022).

“Tapi kita tahu arahnya pemerintah kesana, jadi pasti kita pelajari dan kita perhatikan secara seksama, komunikasi ke prinsipal juga. Kemungkinannya seperti apa, tapi sementara yang sudah diputuskan kan produksi (lokal) hybrid dulu,” lanjutnya.

Sebagai informasi, Toyota bZ4X yang dijual di Indonesia saat ini memiliki kuota yang terbatas. Tahun ini, Toyota hanya menyiapkan 50-60 unit sampai akhir tahun, 41 unit diantaranya merupakan bekas pakai kendaraan delegasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali.

Kendati demikian, Anton menambahkan, pihaknya bakal meminta alokasi tambahan ke prinsipal. Terlebih lagi setelah melihat animo masyarakat yang begitu besar dengan kehadiran bZ4X.

Mobil listrik Toyota bZ4XKompas.com Mobil listrik Toyota bZ4X

“Kita masih menunggu dan meminta masukan dari dealer bagaimana permintaan dari produk ini dan pasti informasi tersebut akan kita gunakan untuk melaporkan kepada prinsipal untuk mendapatkan tambahan alokasi unit,” kata dia.

Baca juga: Toyota Klaim Siapkan Tim Khusus Kelola Limbah Baterai Mobil Listrik

“Terus terang permintaan mobil listrik di dunia itu masih cukup tinggi. bZ4X ini juga dijual di berbagai negara seperti Jepang, US, di Eropa dan beberapa negara lain. Yang pasti demand cukup besar,” lanjutnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.