Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aprilia Ungkap Proyek Motor Listrik Bernama Electrica

Kompas.com - 12/11/2022, 10:02 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Sumber visordown

JAKARTA, KOMPAS.com - Aprilia tidak mau tertinggal untuk terjun ke sepeda motor listrik. Pabrikan asal Italia itu mengonfirmasi sedang mengembangkan proyek motor listrik bernama Electrica.

Sekilas nama calon motor listrik perdana Aprilia tersebut mirip dengan nomenklatur pada Vespa Elettrica. Maklum, keduanya baik Aprilia dan Vespa memang bernanung di induk yang sama yaitu Piaggio Group.

Baca juga: Komparasi Mobil Listrik Toyota bZ4X dan Hyundai Ioniq 5

Piaggio Group disebut sangat serius menggarap motor listrik. Piaggio sudah mengembangkan propolsi listrik sejak tahun 70'an, bahkan meluncurkan skuter hybrid pertama di dunia yaitu MP3 Hybrid pada 2009.

Aprilia ElectricaFoto: Visordown Aprilia Electrica

Aprilia memastikan bahwa Electrica dibuat sebagai motor yang enak dikendarai untuk berkeliling.

“Proyek Electrica adalah konsep baru motor ringan tanpa emisi dengan pengendaraan yang menyenangkan dan memuaskan untuk memberikan kebebasan maksimum dan kenikmatan berkendara bahkan untuk digunakan di kota-kota masa depan," kata Aprilia dikutip dari Visordown, Jumat (11/11/2022).

Jika melihat konsep gambar yang disajikan maka bentuk Electrica merupakan motor sport naked. Sekitar triple clamp mirip Aprilia Tuono, sedangkan di bagian ekor tidak jauh berbeda dari RSV4.

Baca juga: Spesifikasi Royal Enfield Super Meteor 650

Meski demikian secara desain bentuk Electrica ini mirip-mirip dengan supermoto, namun dengan proporsi lebih kecil.

Belum ada spesifikasi teknis yang dirilis. Namun terlihat penggerak daya akan menggunakan rantai ke roda belakang yang artinya motor listrik alias dinamo berada di tengah mirip-mirip dengan Gesits.

Melihat posisi Piaggio Group sebagai salah satu dari empat anggota pendiri Swappable Batteries Motorcycle Consortium (SBMC) maka dapat diasumsikan bahwa baterai Electrica akan dapat ditukar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber visordown
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com