Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Musim Hujan, Ini Pentingnya Pelumasan Rantai Motor

Kompas.com - 12/11/2022, 10:22 WIB
Dicky Aditya Wijaya,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

SEMARANG,KOMPAS.com - Rantai sepeda motor bebek atau sport membutuhkan perawatan khusus. Apalagi di musim hujan.

Menggunakan motor ketika musim hujan akan membuat rantai gampang kotor dan berkarat. Karena itu perawatannya harus lebih intensif 

"Rantai sepeda motor membutuhkan pelumasan sampai celah-celah pin agar saat bekerja senantiasa dalam performa terbaik," kata Kepala Bengkel Honda Nusantara Sakti Penggaron Rofiudin kepada Kompas.com, Jumat (11/11/2022). 

Baca juga: Mitos atau Fakta, Mesin Diesel Gampang Masuk Angin Saat Musim Hujan?

Bila sudah berkarat, efeknya putaran roda jadi berat, bahkan ada risiko putus di jalan. Suara yang ditimbulkan juga berisik dan mengganggu kenyamanan berkendara. 

Rofiudin menjelaskan, membiarkan rantai kering bisa mengurangi usia pakai komponen tersebut. Gir juga berpotensi jadi korban karena pin rantai yang kering mendapat gesekan berlebihan. 

Rantai Motor DID X VR46 Signature EditionKOMPAS.com/STANLY RAVEL Rantai Motor DID X VR46 Signature Edition

"Rantai kering efeknya buruk bagi kesehatan komponen gir set. Usia pakai kedua komponen tersebut bisa berkurang. Parahnya, rantai bisa kendor bahkan putus di jalan dan sangat merugikan," ucapnya. 

Perawatan rantai yang benar saat musim hujan bisa dilakukan rutin usai digunakan. Rofiudin menyarankan, sebelumnya bisa diawali ritual cuci motor terlebih dahulu agar hasilnya maksimal. 

Saat mencuci kendaraan, rantai dibersihkan menggunakan sikat sampai kotoran debu hilang. Setelah kering, dilanjutkan pelumasan secara teliti sampai pin rantai seluruhnya. 

Pelumas yang digunakan pun tak boleh sembarangan. Bisa menggunakan chain lube khusus yang memiliki kandungan formula zat aditif pembersih sekaligus pelumas

Baca juga: Kenapa Idle Mesin Lebih Lama Saat Cuaca Hujan?

Ilustrasi merawat rantai motor- Ilustrasi merawat rantai motor

 

"Minimal 3 hari sekali rutin, bisa mencegah rantai berkarat. Saat memberikan pelumas rantai bisa dilakukan bersamaan cek kondisi tegangan rantai. Setidaknya memiliki jarak 4 mm, menandakan kondisi rantai terbilang layak pakai," kata dia. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com