Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bicara Kemungkinan Toyota Jual Mobil Listrik Murah di Indonesia

Kompas.com - 12/11/2022, 12:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Tren mobil listrik mulai ramai di Indonesia setelah kehadiran beberapa merek asal Korea, China dan Jepang yang meluncurkan produk-produk unggulannya.

Paling baru adalah Toyota Astra Motor (TAM) yang meluncurkan SUV listrik murni yakni Toyota bZ4X dengan banderol Rp 1,190 miliar. Banderol harga tersebut memang cukup mahal, pasalnya mobil ini didatangkan secara utuh dari negara asalnya, Jepang alias Completely Build Up (CBU).

Lantas, apakah Toyota berniat menjual mobil listrik dengan harga murah di Indonesia? Mengingat saat ini pabrikan otomotif di Indonesia kini justru tengah berlomba-lomba menghadirkan kendaraan listrik dengan harga yang terjangkau.

Baca juga: Toyota Klaim Siapkan Tim Khusus Kelola Limbah Baterai Mobil Listrik

Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) menjelaskan, untuk saat ini segmen mobil SUV dan SUV premium adalah kendaraan listrik yang paling sesuai untuk masyarakat Indonesia.

Toyota bZ4XKompas.com/Nanda Toyota bZ4X

“Untuk saat ini bagi Toyota dengan memikirkan segala kondisi baik infrastruktur, market, konsumen dan sebagainya, bZ4X, ux300e, lokal hybrid (yang sebentar lagi akan diluncurkan) adalah line up yang menurut kita masih sesuai,” ucap Anton, di sela-sela peluncuran bZ4X, Kamis (10/11/2022).

Baca juga: TAM Pastikan Bakal Jual Toyota bZ4X Bekas Operasional KTT G20

Meski begitu, menurut Anton, tak menutup kemungkinan pihaknya akan menjual mobil listrik murah di Indonesia. Sebab, pihaknya akan terus melihat tren dan permintaan dari konsumen kedepannya akan seperti apa.

“Kita lihat dulu trennya bagaimana dan demandnya seperti apa. Bisa saja berubah, karena line up kita diseluruh global juga berkembang, di Toyota juga. Jadi semuanya bisa terjadi,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com