Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/11/2022, 10:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Registrasi dan Identifikasi (Dirregident) Korlantas Polri, Brigjen Pol Yusri Yunus menyebut bahwa pihaknya akan mulai melakukan pengadaan kendaraan listrik untuk dinas dan patroli tahun depan atau usai KTT G20.

Kendati belum diungkapkan secara jelas jumlahnya, langkah tersebut bakal dilakukan secara bertahap sebagaimana termaktub dalam Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 7 Tahun 2022.

"Kita berupaya semaksimal mungkin mendukung kendaraan listrik sesuai amanat Presiden RI (Inpres 7/2022)," katanya saat ditemui, Senin (6/11/2022).

Baca juga: Motor Listrik Makin Murah, Menhub Bakal Lakukan Uji Kualitas

Markas Besar (Mabes) TNI akan mengirimkan 252 kendaraan listrik berbasis baterai (KLBB) untuk mendukung kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali pada 15-16 November 2022.(Puspen TNI) Markas Besar (Mabes) TNI akan mengirimkan 252 kendaraan listrik berbasis baterai (KLBB) untuk mendukung kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali pada 15-16 November 2022.

"Jadi setelah KTT G20, kita akan coba seluruh kendaraan dinas, patroli, dan kendaraan yang digunakan oleh anggota kepolisian dilapangan merupakan kendaraan listrik," lanjut Yusri.

Diketahui, sedikitnya terdapat 184 unit kendaraan bermotor listrik, yang terdiri dari 88 unit mobil dan 96 unit sepeda motor, sebagai pengawal pengamanan selama gelaran Konfenrensi Tingkat TInggi (KTT) G20 di Bali.

Jelang perhelatan tersebut, kini pihak Korlantas Polri tengah melaksanakan pelatihan pengelolaan kendaraan listrik mulai 2 November 2022. Kegiatan ini juga dihadiri lebih dari 200 personel Bantuan Kendali Operasi (BKO) Paspampres.

“Kegiatan ini dilakukan untuk mengubah kebiasaan baru dari mengemudikan kendaraan konvensional atau kendaraan yang menggunakan bahan bakar fosil sekarang menggunakan kendaraan berbasis listrik, masih banyak lagi yang perlu dipahami serta dipelajari dari spesifikasi kendaraan berbasis baterai tersebut,” ujar Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan.

Baca juga: BPKB dan STNK Khusus Kendaraan Listrik Sudah Siap Edar

Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi mengecek kesiapan kendaraan listrik untuk pengamanan lalu lintas. Firman mengatakan, pengecekan dilakukan untuk kendaraan roda dua dan empat.NTMC Polri Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi mengecek kesiapan kendaraan listrik untuk pengamanan lalu lintas. Firman mengatakan, pengecekan dilakukan untuk kendaraan roda dua dan empat.

Kegiatan pelatihan pengelolaan kendaraan listrik berbasis baterai ini juga dilakukan agar para personel memahami karakteristik dari kendaraan listrik baik roda dua dan roda empat dengan performa spesifikasi teknis dan pengetahuan umum lainnya.

“Sehingga diharapkan personel yang mengawaki sudah benar-benar memahami pengoperasionalan fiture karakteristik kedua jenis kendaraan tersebut agar meminimalisir hambatan,” kata dia lagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.