Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Usai KTT G20, Polri Akan Pakai Kendaraan Listrik

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Registrasi dan Identifikasi (Dirregident) Korlantas Polri, Brigjen Pol Yusri Yunus menyebut bahwa pihaknya akan mulai melakukan pengadaan kendaraan listrik untuk dinas dan patroli tahun depan atau usai KTT G20.

Kendati belum diungkapkan secara jelas jumlahnya, langkah tersebut bakal dilakukan secara bertahap sebagaimana termaktub dalam Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 7 Tahun 2022.

"Kita berupaya semaksimal mungkin mendukung kendaraan listrik sesuai amanat Presiden RI (Inpres 7/2022)," katanya saat ditemui, Senin (6/11/2022).

"Jadi setelah KTT G20, kita akan coba seluruh kendaraan dinas, patroli, dan kendaraan yang digunakan oleh anggota kepolisian dilapangan merupakan kendaraan listrik," lanjut Yusri.

Diketahui, sedikitnya terdapat 184 unit kendaraan bermotor listrik, yang terdiri dari 88 unit mobil dan 96 unit sepeda motor, sebagai pengawal pengamanan selama gelaran Konfenrensi Tingkat TInggi (KTT) G20 di Bali.

Jelang perhelatan tersebut, kini pihak Korlantas Polri tengah melaksanakan pelatihan pengelolaan kendaraan listrik mulai 2 November 2022. Kegiatan ini juga dihadiri lebih dari 200 personel Bantuan Kendali Operasi (BKO) Paspampres.

“Kegiatan ini dilakukan untuk mengubah kebiasaan baru dari mengemudikan kendaraan konvensional atau kendaraan yang menggunakan bahan bakar fosil sekarang menggunakan kendaraan berbasis listrik, masih banyak lagi yang perlu dipahami serta dipelajari dari spesifikasi kendaraan berbasis baterai tersebut,” ujar Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan.

Kegiatan pelatihan pengelolaan kendaraan listrik berbasis baterai ini juga dilakukan agar para personel memahami karakteristik dari kendaraan listrik baik roda dua dan roda empat dengan performa spesifikasi teknis dan pengetahuan umum lainnya.

“Sehingga diharapkan personel yang mengawaki sudah benar-benar memahami pengoperasionalan fiture karakteristik kedua jenis kendaraan tersebut agar meminimalisir hambatan,” kata dia lagi.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/11/09/101200015/usai-ktt-g20-polri-akan-pakai-kendaraan-listrik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke