Kompas.com - 29/10/2022, 10:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Hyundai Motor Company membuat konsep kendaraan niaga yang unik dengan nama Trailer Drone yang bertenaga hidrogen dan bisa dioperasikan tanpa awak atau otonom.

Kendaraan yang membawa kontainer ini berhasil memenangkan Red Dot Award Design Concept 2022. Red Dot menghargai usaha Hyundai untuk transformasi menuju smart mobility solution dengan teknologi yang beragam, seperti hidrogen dan otonom.

"Trailer Drone adalah model penting pada visi kami untuk kendaraan otonom, berbasis fuel-cell hydrogen untuk niaga," ucap SangYup Lee, Executive Vice President and Head of Hyundai Global Design Center dikutip dari siaran resmi, Jumat (28/10/2022).

Baca juga: Bocor, Penampakan Hyundai Kona Generasi Terbaru

e-bogies dari trailer drone hyundaiHYUNDAIMOTORGROUP.com e-bogies dari trailer drone hyundai

Dengan tangki penuh hidrogen, Trailer Drone diklaim akan punya daya jelajah lebih dari 1.000 Km. Jadi ini lebih efisien dibanding kendaraan kontainer yang saat ini digunakan.

Selain itu, desain Trailer Drone yang memakai e-Bogies punya bentuk unik, layaknya roda penggerak tanpa cabin untuk pengemudi. Oleh karena itu, Trailer Drone bisa manuver di tempat sempit karena menggunakan dua e-Bogies, di depan dan belakang.

Baca juga: Cara supaya Pemilik Motor Tidak Kena Tipu Saat Beli Oli Palsu


Kemudian, e-Bogies juga bisa digunakan untuk keperluan lain, bukan cuma bawa kontainer. Misal, e-Bogies bisa dijadikan cargo transportation ke area yang lebih sempit, konstruksi, Damkar, bahkan rescue.

Soal desain, Hyundai memang tidak main-main idenya. Bisa dikatakan Trailer Drone bisa jadi solusi di masa depan untuk kendaraan niaga yang efisien dan tanpa awak sehingga risiko kecelakaan bisa diminimalisir.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.