Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Truk Otonom Trailer Drone Dari Hyundai Berhasil Raih Penghargaan

Kompas.com - 29/10/2022, 10:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hyundai Motor Company membuat konsep kendaraan niaga yang unik dengan nama Trailer Drone yang bertenaga hidrogen dan bisa dioperasikan tanpa awak atau otonom.

Kendaraan yang membawa kontainer ini berhasil memenangkan Red Dot Award Design Concept 2022. Red Dot menghargai usaha Hyundai untuk transformasi menuju smart mobility solution dengan teknologi yang beragam, seperti hidrogen dan otonom.

"Trailer Drone adalah model penting pada visi kami untuk kendaraan otonom, berbasis fuel-cell hydrogen untuk niaga," ucap SangYup Lee, Executive Vice President and Head of Hyundai Global Design Center dikutip dari siaran resmi, Jumat (28/10/2022).

Baca juga: Bocor, Penampakan Hyundai Kona Generasi Terbaru

e-bogies dari trailer drone hyundaiHYUNDAIMOTORGROUP.com e-bogies dari trailer drone hyundai

Dengan tangki penuh hidrogen, Trailer Drone diklaim akan punya daya jelajah lebih dari 1.000 Km. Jadi ini lebih efisien dibanding kendaraan kontainer yang saat ini digunakan.

Selain itu, desain Trailer Drone yang memakai e-Bogies punya bentuk unik, layaknya roda penggerak tanpa cabin untuk pengemudi. Oleh karena itu, Trailer Drone bisa manuver di tempat sempit karena menggunakan dua e-Bogies, di depan dan belakang.

Baca juga: Cara supaya Pemilik Motor Tidak Kena Tipu Saat Beli Oli Palsu


Kemudian, e-Bogies juga bisa digunakan untuk keperluan lain, bukan cuma bawa kontainer. Misal, e-Bogies bisa dijadikan cargo transportation ke area yang lebih sempit, konstruksi, Damkar, bahkan rescue.

Soal desain, Hyundai memang tidak main-main idenya. Bisa dikatakan Trailer Drone bisa jadi solusi di masa depan untuk kendaraan niaga yang efisien dan tanpa awak sehingga risiko kecelakaan bisa diminimalisir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com