Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hyundai Ioniq 5 Masih Inden Setahun Lebih

Kompas.com - 26/10/2022, 07:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) Makmur mengungkapkan, saat ini masa tunggu alias inden untuk Ioniq 5 masih mencapai satu tahun lebih.

Padahal, mobil tersebut sudah diproduksi di dalam negeri melalui pabrik PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMID) yang terletak di kawasan Cikarang, Jawa Barat.

"Saat ini (inden Ioniq 5) lebih dari setahun, 15 bulan at least. Kondisinya ya masih seperti itu," kata dia saat ditemui di sela-sela seremoni penyerahan Genesis G80 dan Ioniq 5 untuk KTT G20 di Jakarta, Rabu (25/10/2022).

Baca juga: Yamaha Klaim Telah Kembangkan EV Selama 30 Tahun

Konsep Hotel Hyundai yang ditenagai oleh mobil listrik Ioniq 5Dok. Hyundai Konsep Hotel Hyundai yang ditenagai oleh mobil listrik Ioniq 5

Lebih rinci, Makmur mengatakan bahwa penerimaan terhadap mobil listrik tersebut sangat luar biasa. Bahkan melampaui ekspektasi perseroan yaitu mencapai 4.500-an unit.

Dari jumlah tersebut, data terbaru yang masuk ke pihak HMID, baru 1.000 unit saja yang diserahkan ke konsumen. Jadi, masih ada selisih sekitar 3.400 unit.

"Kita inden sekitar 3.400 unit, yang sudah disuplai lebih dari 1.000 unit. Jadi memang permintaannya sangat tinggi," ujar Makmur.

"Kita kaget juga penerimaan EV sangat besar karena dua tahun lalu hanya 100 unit. Lalu meningkat jadi 600 unit dan tiba-tiba bookingan tahun ini saja sudah lebih dari 4.500-an unit. Ini tren yang sangat bagus sebenarnya," ucap dia, melanjutkan.

Baca juga: Genesis G80 dan Ioniq 5 untuk G20 Langsung Diterbangkan ke Bali

Hanya saja, Makmur tidak menjelaskan secara rinci penyebab produksi dan inden yang mengular tersebut.

Kemungkinan terbesarnya, karena masih ada kendala terhadap pasokan cip semikonduktor, sementara permintaan dari pasar terus melonjak.

Sehingga percepatan aktivitas perakitan belum bisa mengimbanginya meski setiap bulan tercatat mengalami peningkatan, terkhusus pada periode Juli-September 2022 sebagaimana diolah dari data Gaikindo.

Pada data tersebut, produksi Ioniq 5 yang dimulai pada Maret 2022 ialah sebanyak 80 unit. Kemudian melonjak tinggi sebulan setelahnya menjadi 234 unit.

Baca juga: Jawaban Resmi Hyundai Indonesia Soal Baterai Ioniq 5 yang Bermasalah

Mobil listrik yang diyakini sebagai Hyundai Ioniq 5 NDok. Autoexpress.co.uk Mobil listrik yang diyakini sebagai Hyundai Ioniq 5 N

Namun, buah manis itu tidak bertahan lama karena pada Mei 2022 jumlah produksi anjlok menjadi 75 unit atau lebih rendah dari debut perdananya. Kemudian hanya naik 10 unit di Juli 2022.??

Memasuki kuartal III/2022, aktivitas produksi Ioniq 5 kembali pulih dan terus bertambah meski belum terlalu signifikan. Secara berurut, total produksinya ialah 200 unit (Juli 2022), 300 unit (Agustus 2022), dan 310 unit (September 2022).

"Kita terus berupaya untuk mencapai ekspektasi konsumen," kata Makmur lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com